Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Lita Machfud Arifin Ramaikan Harlah Fatayat NU

Surabaya (beritajatim.com) – Puncak Peringatan Hari kelahiran (Harlah) ke-72 Fatayat NU yang diselenggarakan Pengurus Cabang (PC) Fatayat NU Kota Surabaya, di Masjid Ampel, berlansung meriah. Turut hadir dalam acara tersebut, pengurus pusat Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Hj Lita Machfud Arifin.

Hadir pula beberapa tokoh perempuan penting di kalangan NU Jawa Timur, diantaranya Ketua PW Fatayat NU Jawa Timur, Dewi Winarti, Ketua PC Muslimat Surabaya Dra. Hj. Lilik Fadhilah, MPd.i, Ketua Jam’iyah Qura’ Wal Huffadz, Ibu Nyai Muhayyinah dan Ibu Nyai Nisma dari Yayasan masjid Ampel.

Dalam sambutannya, Lita Machfud Arifin mengapresiasi kiprah Fatayat NU dalam memberdayakan perempuan Indonesia. Terutama dalam mendidik generasi muda dan merawat bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Jika dahulu tujuan berdirinya Fatayat NU salah satunya ingin menghapus buta aksara, kini semangat itu tidak lagi menjadi yang utama,” ujar Lita Machfud Arifin di hadapan ratuasan pengurus dan anggota Fatayat.

Sebagai salah satu Badan Otonom (Banom) NU, menurut dia, Fatayat memiliki potensi yang sangat besar dalam memberdayakan ekonomi masyarakat melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Potensi itu berupa jaringan organisasi yang sangat luas mulai dari tingkat nasional hingga desa.

“Potensi itu harus dijahit dan dirajut sehingga Fatayat bisa makin berperan dalam kemandirian dan kemajuan ekonomi bangsa,” sarannya.

Perempuan berparas ayu ini menceritakan, pemberdayaan ekonomi menjadi hal penting selama masa pandemi berlangsung. Dimana hampir semua pihak terkena dampaknya, khususnya bagi ibu-ibu.

Tidak mengherankan jika kemudian pemerintah pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja banyak menyalurkan bantuan bagi tenaga kerja yang terdampak, termasuk juga sektor UMKM. Diantaranya, Banpres Produktif untuk Usaha Mikro sebesar Rp 2,4 juta untuk 12 juta Usaha Mikro.

“Saya sebagai pengurus Dekranas diundang di forum ini oleh ibu ketua (Camelia Habiba) murni sebagai pengurus Dekranas pusat,” kata Lita Machfud Arifin.

“Saya berharap bisa berbagi pengalaman dengan ibu-ibu di Fatayat NU,” tambahnya.

Pantauan di acara Harlah Fatayat, kehadiran pengurus pusat Dekranas Lita Machfud Arifin menjadi magnet tersendiri pada acara tersebut. Nampak anggota Fatayat berebut meminta foto bersama dengan istri mantan Kapolda Jatim ini.

Ketua PC Fatayat Kota Surabaya, Hj. Camelia Habiba SE, menambahkan jika dalam Harlah Fatayat tahun ini pihaknya memang sengaja mengundang pengurus pusat Dekranas Lita Machfud Arifin.

“Kami sangat berterima kasih kepada Ibu Lita yang bersedia menghadiri undangan di Harlah Fatayat ini,” ujar Camelia Habiba.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya ini berharap, kehadiran pengurus pusat Dekranas bisa memberikan motifasi dan inspirasi bagi seluruh anggotanya. Terutama dalam membangkitkan ekonomi melalui UMKM.

“Alhamdulillah banyak sekali ilmu yang kita dapat dari beliau. Semoga ini menjadi oase di tengah kegalauan kita yang terdampak pandemi,” kata Camelia Habiba. [asg/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar