Politik Pemerintahan

Lindungi SDA, Bupati Jember Akan Ikuti Regulasi

Bupati Hendy Siswanto dan Wabup Muhammad Balya Firjaun Barlaman [foto: Oryza A. Wirawan

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto berkomitmen melindungi sumber daya alam di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dia akan mengikuti regulasi yang sudah dikeluarkan negara.

“Sumber daya alam di Kabupaten Jember gemah ripah loh jinawi. Gusti Allah menciptakan sumber daya alam di Jember bukan hanya untuk dilihat, tapi dikelola dengan baik sesuai aturan,” kata Hendy, saat menyampaikan pidato perdana sebagai bupati dalam malam silaturahmi dengan pejabat dan tokoh masyarakat, di Pendapa Wahyawibawagraha, Jumat malam (26/2/2021).

“Di Indonesia ini sudah ada aturannya (untuk mengelola) sumber daya alam itu. Selama kita mengikuti aturan itu, saya akan lakukan bersama Gus Firjaun. Selama dilakukan sesuai regulasi, kenapa tidak? Apakah sumber daya alam kita biarkan saja sampai nanti kiamat kembali? Tidak mungkin gusti Allah memberikan Kabupaten Jember sumber daya alam seperti ini. Pasti ada tujuannya untuk kemaslahatan umat,” kata Hendy.

Hendy mencontohkan eksploitasi tambang galian C yang diperlukan untuk pembangunan. “Tentunya harus ada recovery-nya. Tidak kemudian habis menggali ditinggalkan. Harus ada barang pengganti sehingga tidak merusak lingkungan,” katanya.

Hendy mengajak para pecinta lingkungan untuk membantunya membersihkan dua sungai, Sungai Bedadung dan Sungai Jompo, yang membelah kota Jember. Nantinya dua sungai itu akan dijadikan destinasi wisata. “Karena itu sumber pendapatan untuk wisata dan sebagainya,” katanya. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar