Politik Pemerintahan

Lindungi Konsumen, Disperindag Kabupaten Kediri Tera Ulang Timbangan Pedagang

Kediri (beritajatim.com) – Disperindag Kabupaten Kediri melakukan tera ulang timbangan milik pedagang. Tera ulang ini merupakan layanan masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang.

Tera ulang penting dilakukan untuk jaminan bagi konsumen dalam mendapatkan layanan yang pas dari pedagang. Jangan sampai permintaan konsumen harusnya membeli 1 kilogram namun kurang dari 1 kilogram. Karenanya petugas UPTD Metrologi legal Disperindag melakukan tera ulang di wilayah Kabupaten Kediri.

Tera ulang awal bulan ini sudah dilakukan di Desa Sonorejo, Banyakan dan berikutnya di wilayah Kecamatan Grogol, Semen, Tarokan dan Mojo. Selanjutnya akan dilakukan di wilayah masing eks Korcam di Kabupaten Kediri dan biasanya di Kantor Camat atau di balai desa setempat.

Kepala Disperindag Kabupaten KediriĀ  drh. Tutik Purwaningsih menjelaskan, tujuan dari tera ulang untuk memberikan rasa tenang kepada masyarakat yang akan membeli produk yang dijual pedagang. “Hal ini untuk mengetahui kejelasan dalam takaran pas atau tidak hingga konsumen tidak dirugikan,” ungkapnya.

Tutik menambahkan, tera ulang mengacu UU Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal. JIka timbangan telah ditera ulang, konsumen yakin dan puas dengan jumlah takaran yang dibeli dari pedagang. Hal ini patut disikapi serius agar pedagan bisa berlaku jujur dan tidak seenaknya membuat aturan timbangan sendiri.

“Kalau timbangan sudah sesuai dengan takaran, tera ulang ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi adanya kecurangan dalam kegiatan jual-beli. Karenanya kita akan terus ikuti perkembanganya dan petugas jeli memantau setiap timbangan yang akan dilakukan tera ulang,” tandasnya. [adv kominfo/nm]

Apa Reaksi Anda?

Komentar