Politik Pemerintahan

Lestarikan Alam, PDIP Jombang Tanam Pohon di Wonosalam

Jombang (beritajatim.com) – PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) Jombang melakukan penananaman pohon di Dusun Gogor, Desa/Kecamatan Wonosalam. Penanaman pohon ini untuk mengembalikan kondisi Wonosalam sebagai salah satu hutan penyangga di Jombang, sehingga mampu mengurangi bencana banjir dan tanah longsor.

“Penanaman pohon di Wonosalam kita laksanakan Sabtu kemarin. Kami juga menggandeng pemerintah kabupaten, LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) dan seluruh pegiat lingkungan yang ada di Jombang. Ini cara kami merawat bumi dan menjaga alam,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat PDIP Sadarestuwati dalam pernyataan tertulisnya, Minggu (2/2/2020).

Estu, panggilan akrab Sadarestuwati, menjelaskan, sejak peringatan Hari Bumi 22 April 2016, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah memberikan perhatian khusus dengan melakukan penghijauan di Taman Hutan Rakyat (Tahura), Pantai Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Perhatian khusus Megawati Soekarnoputri tehadap lingkungan ini, kemudian dipertegas pada peringatan HUT PDIP ke-47 yang juga bertepatan dengan ulang tahunnya pada 23 Januari 2020. “PDIP mencanangkan Gerakan Mencintai Bumi. Caranya dengan mendorong gerakan hidup bersih, merawat lingkungan agar asri, gerakan menanam pohon secara serentak, serta gerakan membersihkan sungai dari sampah,” ujar Estu.

“Selain itu juga gerakan memisahkan sampah rumah tangga, serta gerakan menjaga sumber mata air dengan melakukan penghijauan di sekitar sumber mata air (cakupan wilayah 3 km sekitar sumber mata air),” tutur anggota Komisi V DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jatim VIII ini.

Atas dasar itu pula, sambungnya, pada Minggu (2/2/2020) sekitar pukul 10.00 WIB, seluruh anggota dan kader partai wajib menanam pohon secara serentak di seluruh wilayah tanah air. “Kami berharap gerakan ini juga bisa menjadi ajakan kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga lingkungan sekitar,” pungkasnya. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar