Politik Pemerintahan

Legislator Pamekasan Sambut Baik Rencana Pemekaran Desa

Pamekasan (beritajatim.com) – Legislator Pamekasan, Ismail menyambut baik rencana pemekaran desa di beberapa kecamatan di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, seperti yang kembali diwacanakan oleh Bupati Badrut Tamam.

“Terus terang kami mendukung upaya pemerintah yang berencana melakukan pemekaran terhadap sejumlah desa yang dianggap gemuk, demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Ismail kepada beritajatim.com, Rabu (23/1/2019).

Terlebih terdapat beberapa kecamatan yang menaungi sejumlah desa yang cukup luas dengan total penduduk yang cukup banyak. “Tetapi rencana pemekaran itu harus dibahas bersama (eksekutif dan legislatif), harus dibahas secara matang dan tidak terburu-buru,” ungkap pria yang menjabat sebagai Ketua Komisi I DPRD Pamekasan.

“Prinsipnya pemekaran desa di Pamekasan, memang sangat penting. Tapi butuh waktu, mungkin dua atau tiga tahun kedepan sudah ada kepala desa (kades) definitif. Jadi langkah ini harus kita rumuskan bersama agar rencana pemekaran terealisasi,” imbuhnya.

Namun selain membahas persoalan pemekaran juga harus dibahas seputar perampingan. Mengingat saat ini juga terdapat beberapa desa dengan jumlah penduduk sedikit. “Hal itu juga perlu kita pikirkan, sehingga bantuan pemerintah melalui program DD/ADD bisa dirasakan secara merata oleh masyarakat,” jelas politisi muda Partai Demokrat.

“Tidak hanya itu, dampak pemekaran juga akan berdampak positif bagi pembangunan khususnya di sektor ekonomi masyarakat. Terlebih proses pelayanan juga akan lebih mudah, pastinya berbeda dengan desa yang dibiarkan memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak,” tegasnya.

Sebelumnya Bupati Badrut Tamam, sempat menyampaikan rencana pemekaran sejumlah desa di wilayah yang dipimpinnya. Di antaranya Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Desa Bujur (Barat, Tengah dan Timur), Kecamatan Batumarmar, serta sejumlah desa lainnya. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar