Politik Pemerintahan

Legislator Nasdem Peringatkan ASN Jember yang Tak Mau Ikuti Aturan

David Handoko Seto, legislator DPRD Jember

Jember (beritajatim.com) – David Handoko Seto, legislator DPRD Jember, Jawa Timur, dari Partai Nasional Demokrat meminta kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN), agar mendukung langkah Wakil Bupati Abdul Muqiet Arief yang melaksanakan rekomendasi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Saat menjabat Pelaksana Tugas Bupati Jember, Muqiet melaksanakan rekomendasi untuk membenahi Kedudukan Susunan dan Organisasi Tata Kerja (KSOTK) Pemkab Jember, November lalu. Konsekuensinya ada ratusan orang pejabat yang dikembalikan posisinya pada jabatan sebelum mutasi 3 Januari 2018.

Dukungan untuk Muqiet muncul dari masyarakat. Tanda pagar (tagar) #SaveKyaiMuqit muncul di sejumlah akun media sosial milik warga Jember. Tak hanya itu. Bermunculan pula foto dengan tulisan ‘Kami Bersama Kiai Muqiet’. Bahkan, sejumlah kelompok masyarakat akan menunjukkan dukungan untuk Muqiet, Kamis (17/12/2020). Mereka bakal mendatangi kantor Pemerintah Kabupaten Jember, Kejaksaan Negeri Jember, dan DPRD Jember.

David menduga tagar itu dimunculkan kelompok-kelompok militan pendukung Muqiet yang tidak terima dengan tindakan pihak yang menyudutkan sang wabup. “Kalau sekarang ada tagar #SaveKyaiMuqit, ya itu karena ada semacam bentuk tekanan kepada beliau oleh pihak yang keberatan atau tidak puas atas keputusan yang diambil pemerintah pusat melalui Kiai Muqiet tersebut,” katanya, Rabu (16/12/2020).

“Saya melihat langkah Kiai Muqiet selaku pelaksana tugas bupati kemarin sudah benar, bahwa beliau menindaklanjuti rekomendasi Mendagri. Jadi tidak ada yang salah. Saran dan masukan saya kepada mereka yang hari ini masih di luar rel, tidak memenuhi aturan undang-undang, tidak mengikuti aturan yang ada, mohon segera kembali ke barak,” kata David.

“Artinya tidak (jangan) membuat gerakan-gerakan yang justru merugikan mereka sendiri di kemudian hari, karena sekali lagi, apa yang dilakukan Kiai Muqiet adalah atas nama pelaksana tugas bupati waktu itu dan menjalankan perintah undang-undang. Tidak ada alasan bagi mereka untuk tidak mengikuti apa yang dilakukan Kiai Muqiet,” kata David. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar