Politik Pemerintahan

Lebaran, KA Lokal di Stasiun KA Mojokerto Masih Beroperasi

Stasiun KA Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Larangan mudik belum berpengaruh pada perjalanan kereta api lokal di wilayah Daerah Operasi Kereta Api Indonesia 8 (Daop KAI 8). Hingga saat ini manajemen PT KAI masih mengoperasikan seluruh rangkaian kereta api lokal untuk semua rute.

Kepala Stasiun Kereta Api (KA) Mojokerto, Agus Mulyono mengatakan, belum ada instruksi dari Kementerian Perhubungan terkait operasional KA lokal. “Karenanya, tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021 operasional berjalan seperti biasa,” ungkapnya, Selasa (27/4/2021).

Seperti KA Rapih Dhoho. Untuk masa pra-pelarangan mudik yang ditetapkan pemerintah pusat sejak 22 April-5 Mei 2021, sejumlah perjalanan KA baik jarak jauh dan KA lokal masih beroperasi normal. Hanya masa berlaku tes Covid-19 yang menang diperpendek.

Misalnya tes swab antigen dari masa berlaku 3 x 24 jam, menjadi 1 x 24 jam. Namun untuk tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021, yang dilarang beroperasi adalah KA jarak menengah dan jauh sehingga KA jarak pendek tetap beroperasi.

“Sementara sampai tanggal 5 masih beroperasi, setelah tanggal 6 sudah tidak bisa. Tanggal 6 untuk KA jarak jauh dan menengah sudah dibatalkan semua, tinggal sekitar sini. Surabaya-Mojokerto-Jombang-Kertosono dan balik, jadi KA lokal belum ada pembatalan,” jelasnya.

Jalur KA untuk KA jarak jauh dan menengah off mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021. Sampai saat ini, lanjut Agus, belum ada pengembalian tiket dari calon penumpang karena KA yang dibatalkan sudah ditutup. Menurutnya stasiun hanya melayani penjualan tiket KA lokal, untuk jarak jauh dan menengah melalui aplikasi. [tin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar