Politik Pemerintahan

Layanan Pertanahan di Surabaya Bersiap Hadapi New Normal

Surabaya (beritajatim.com) – Kantor Pertanahan Surabaya II menerapkan skenario new normal (tatanan baru) dengan mematuhi aturan protokol kesehatan dan kebersihan untuk pencegahan Covid 19 pada hari pertama pelayanan, Selasa (16/5/2020).

Dengan menerapkan beberapa protokoler kesehatan untuk dipatuhi demi keamanan bersama ini, bertujuan agar aktivitas berjalan seperti biasa meski di tengah wabah corona.

“Kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini berakhir, sementara kita harus tetap memberikan pelayanan. Maka kita harus menyesuaikan atau bersiap dengan pelayanan new normal. Artinya, kita berdamai dengan Covid-19, bukan menyerah. Tetapi memberikan pelayanan dengan menyesuaikan kondisi saat ini,” ujar Lampri, A Ptnh, Kepala Kantor Pertanahan Surabaya II.

Lanjut Lampri, sejak kantor mulai beroperasi, semua pegawai maupun pemohon diwajibkan mematuhi protokoler kesehatan. Mulai penggunaan masker, mencuci tangan di wastafel dengan sabun dan hand sanitizer yang sudah disiapkan di depan pintu masuk, sampai pengecekan suhu badan dengan thermo gun.

“Jika ditemukan suhu lebih besar 37,50 C dalam dua kali pemeriksaan dalam kurun 5 menit, tidak di perkenankan masuk. Kita minta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan,” beber mantan Kakan Pertanahan Bojonegoro ini.

Di masa pandemi ini, Kantah Surabaya II akan memberikan layanan secara eletronik meliputi pengecekan zona nilai tanah (ZNT), SKPT, hak tanggungan, roya hingga peralihan hak karena jual beli. Di mana, pemohon telah disiapkan antrean eletronik melalui aplikasi Surabaya II online yang bisa diunduh melalui APP Store dan play store.

“Masyarakat bisa melakukan antrean cukup dari rumah sehingga pemohon bisa mendapatkan nomor antrean dan dapat kepastian hari,tanggal,jam untuk datang ke kantor demi menghindari kerumunan pemohon,” sambung Lampri.

Di samping itu, Kantah Surabaya II juga telah menyediakan aplikasi helpdesk dalam rangka untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat apabila mengalami hambatan-hambatan dalam pelayanan pertanahan sehingga dapat ditangani oleh petugas pertanahan tanpa tatap muka. Seperti cek plot bidang, validasi bidang, validasi sertipikat dan lainnya.

Sedangkan untuk layanan konsultasi dapat dilakukan melalui skype (video conference) yang telah disediakan di ruang konseling dan melalui whatshap / HP nomor 081357213802 , 0815575006774.

“Pemberitahuan produk yang telah selesai, akan diinformasikan ke pemohon melalui whatshapp / sms masking,” ujar Wawas Setiawan, Kasi Hubungan Hukum Pertanahan Kantah Surabaya II menambahkan.

Untuk informasi layanan pertanahan pada masyarakat umum juga telah diinformasikan melalui SMS Blazing. Dan bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi persyaratan permohonan dan biaya PNBP, ploting bidang, informasi berkas dan lain-lain bisa diakses melalui aplikasi Sentuh Tanahku. “Kita juga telah menyiapkan layanan pengaduan untuk masyarakat melalui # tanyaatrbpn di twitter,IG, facebook,” sahut Wawas.

Khusus di lingkungan internal, seluruh pegawai wajib melakukan senam selama 5 menit dengan menerapkan pembatasan jarak (minimal 1 meter) di tempat masing-masing pada jam istirahat.

Petugas loket wajib menggunakan masker dan face shield. Demi keamanan, di loket dibatasi dengan pembatas /partisi (kaca) untuk perlindungan tambahan petugas loket dengan pemohon, membuka ventilasi tiap ruangan kerja, melakukan penataan meja kerja pegawai dengan jarak minimal 1 meter, penerimaan berkas permohonan secara fisik melalui drop box dan dilakukan penyemprotan dengan disinfektan. [ifw/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar