Politik Pemerintahan

Pandemi Covid-19

Layanan Dokumen Kependudukan di Kabupaten Kediri Bisa Melalui Desa

Kediri (beritajatim.com) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19. Dispendukcapil memiliki sejumlah terobosan dalam bidang pelayanan dokumen kependudukan untuk mendukung program pemerintah percepatan penanganan Covid-19.

Terobosan tersebut adalah pelayanan pengurusan dokumen yang biasanya dilakukan di Kantor Dispendukcapil, kini cukup dilakukan secara online di kantor desa melalui mekanisme pemohon datang ke kantor desa dengan membawa berkas persyaratan.

Selanjutnya petugas dari desa melakukan pendaftaran secara online. Setelah pendaftaran selesai dan dokumen kependudukan telah jadi, pemohon dapat melihat daftarnya melalui website dukcapil.kedirikab. go.id.

Randy Agatha, Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil, mengatakan, dengan adanya pandemi covid-19 ini, terobosan yang dilakukan Dispendukcapil adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. “Selain itu terobosan tersebut juga bertujuan untuk menerapkan physical distancing di Kantor Dispendukcapil sehingga tidak ada kerumunan masyarakat,” katanya, Rabu (3/6/2020).

Selain pelayanan melalui desa, bagi warga yang tetap menginginkan mengurus di Kantor Dukcapil dengan program Satu Hari Saja atau Sahaja, dapat memanfaatkan sistem antrian online via sms di nomor 081 336 430 622 serta melalui website di situs dukcapil.kedirikab. go.id. Melalui website ini, masyarakat dapat menentukan sendiri tanggal kedatangan ke Kantor Dispendukcapil.

Sebagaimana diketahui,dokumen kependudukan merupakan berkas yang sangat penting bagi seluruh warga sejak lahir hingga meninggal. Oleh karenanya, Dispendukcapil dituntut untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada masyarakatnya. [adv kominfo/nm]

Apa Reaksi Anda?

Komentar