Politik Pemerintahan

Lawan Hoaks, Cak Jokowi: Saya Yakini Arek Suroboyo Wani!

Surabaya (beritajatim.com) – Capres RI Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung menghadiri acara Deklarasi Forum Alumni Jatim (FAJ) 01 di depan Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Sabtu (2/2/2019).

“Indonesia memiliki penduduk 260 juta yang tersebar di 34 provinsi, 17 ribu pulau dan memiliki 1.100 bahasa daerah. Mengelola negara yang besar ini tidak mudah, diperlukan pengalaman. Pengalaman itu perlu. Saya pernah belajar hampir dua tahun dari dunia bisnis ke dunia pemerintah. Pengalaman ini jadi hal penting untuk mengetahui siapa yang kita pilih menjadi pemimpin,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Saat jadi Walikota Solo pertama kali, Jokowi mengaku belajar dua tahun dulu yang sebelumnya menjadi pengusaha mebel. Kemudian, Jokowi meningkat ke level provinsi menjadi Gubenur DKI Jakarta. “Ada tahapan tahapan dari bawah ke tengah dan kemudian masuk mengelola negara sebagai presiden. Semoga ke depan, Indonesia ke depan bisa masuk lima besar negara ekonomi kuat dunia,” tegasnya.

Jokowi di depan ribuan alumni perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta dan SMA/SMK di Jatim mengajak memerangi fitnah, hoaks dan kabar bohong yang lalu lalang di media sosial.

“Kita harus kedepankan cara berpolitik penuh etika, tata krama, penuh keadaban, penuh sopan santun. Poblemnya ada tim sukses yang menyiapkan propaganda Rusia, yang setiap saat mengeluarkan semburan-semburan fitnah dan hoaks. Saya harap kaum intelektual bisa meluruskan. Saya meyakini arek-arek Suroboyo dan Jawa Timur wani dan pasti wani,” tukasnya.

Mana informasi yang benar dan tidak benar, Jokowi meminta agar tidak dibolak balik. “Jangan salah dibalik jadi benar. Dari survei, lebih dari 9 juta orang yang percaya hoaks. Ini harus diluruskan,” tuturnya.

Ketua Forum Alumni Jatim (FAJ) 01, Ermawan Wibisono mengucapkan terima kasih tak terkira karena acara dihadiri Presiden RI Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi serta Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung.

“Acara ini menitikberatkan bahwa forum alumni adalah kelompok perubahan yang bisa mencegah menyebarnya hoaks, fitnah dan paham radikalisme di Indonesia. FAJ akan membentuk tim blusukan untuk terjun ke masyarakat terkecil. Kami juga memberi sebutan Cak untuk Pak Jokowi. Setuju disebut Cak Jokowi?” katanya sambil memberikan rompi jeans bertuliskan Cak Jokowi. (tok/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar