Politik Pemerintahan

Lawan Covid-19, IWAPI Beri Bantuan dan Masukan ke Gugus Tugas Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jatim kembali mendapatkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jatim.

Bantuan langsung diterima Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa didampingi Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Suban Wahyudiono di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (14/4/2020).

Khofifah mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut. Bantuan dari berbagai elemen masyarakat ini akan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. “Bantuan seperti ventilator, disinfektan, masker maupun sembako yang akan dibagikan ke masyarakat yang terdampak Covid-19 merupakan kegotong-royongan masyarakat,” katanya.

Menurut dia, berbagai langkah strategis penanganan Covid-19 juga menyentuh mereka yang berdampak secara sosial ekonomi. “Untuk itu, kita harus seiring saling membantu, seperti apa yang sudah dilakukan Pemprov, berbagai elemen dan organisasi masyarakat di Jawa Timur seperti IWAPI Jatim ini,” ujarnya.

Pada hari ini, Yayasan Buddha Tzu Chi Surabaya memberikan bantuan berupa masker medis 20.000 buah, Baju Hazmat 1008 buah, Masker N95 1000 buah, Rapid Test 3.600 buah, Kacamata 576 buah, masker kain 8.000 buah, ventilator 10 unit dan suplemen 4.000 pak.

Sementara dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI ) Jawa Timur memberikan bantuan berupa Baju Hazmat 100 unit, masker medis 20 box, masker kain non medis 1.200 buah, cairan hand soap 50 liter, cairan disinfektan 50 liter, dan cairan alkohol 70 persen sebanyak 50 liter.

“Semoga bantuan dari IWAPI Jatim ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Jatim yang terdampak Covid-19 ini. Ini bukti kami peduli sebagai salah satu elemen bangsa yang mencintai negeri ini dan saling bergotong-royong,” kata Ketua DPD IWAPI Jatim, Susmiati Rahmawati.

Usai memberikan bantuan yang diterima Gubernur Jatim, Khofifah, rombongan IWAPI Jatim diterima Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak untuk berdiskusi di ruang kerjanya di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Rombongan DPD IWAPI Jatim terdiri dari Susmiati Rahmawati (Ketua) didampingi Reny Widya Lestari (Wakil Ketua Umum I DPD IWAPI Jatim dan Ketua IWAPI Surabaya), Liliek Noer (Komtap Humas IWAPI Jatim) dan Fira (Pengurus IWAPI Surabaya yang juga mensupport chemical CSR ke pemprov).

Wakil Ketua Umum I DPD IWAPI Jatim, Reny Widya Lestari menjelaskan beberapa hal kepada Wagub Jatim, Emil Dardak.

Di antaranya, terkait alokasi THR karyawan karena kemampuan pengusaha yang hanya sampai bulan April 2020. Selain itu, stok bahan baku makanan melimpah dan berharap kepada pemprov untuk diberikan solusi penjualan.

“Kami juga lakukan identifikasi masalah dari masing-masing klasifikasi usaha. IWAPI janji akan memberi masukan. Selain itu, pinjaman perbankan yang sudah tidak mungkin dikeluarkan lagi, kami harap ada stimulus dari bank milik pemprov dan mekanismenya agar dipermudah. Ini yang dimaksud adalah Bank Jatim atau Bank UMKM Jatim. Yang lain adalah permintaan pemprov agar tidak melakukan PHK karyawan dan akan ditaati, namun pengusaha butuh bantuan pemerintah,” pungkas Reny. (tok/ted) 





Apa Reaksi Anda?

Komentar