Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Lacak PMK di Magetan, Bhabinkamtibmas Harus Keliling Desa Binaan

Sosialisasi Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan untuk melibatkan Bhabinkamtibmas melacak penyakit mulut dan kuku pada ternak, Senin (19/5/2022).

Magetan (beritajatim.com) – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Magetan bakal keliling ke masing-masing desa binaan untuk pendataan dan sosialisasi pada masyarakat terkait penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Mereka sudah mendapatkan bimbingan dan sosialisasi dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Magetan pada Kamis (19/5/2022).

Kapolres Magetan AKBP Yakhob Silvana Delareskha mengungkapkan jika kegiatan sosialisasi PMK kepada Bhabinkamtibmas yang dilaksanakan Dinas Peternakan ini bakal jadi pegangan para Bhabinkamtibmas untuk memberikan edukasi tentang PMK kepada masyarakat. “Ini adalah inisiatif Disnakkan yang memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para Bhabinkamtibmas terkait PMK,” kata Yakhob, Kamis (19/5/2022).

Yakhob menjelaskan jika dalam kegiatan upaya penanganan PMK di Magetan, Bhabinkamtibmas akan membantu kegiatan pengecekan dan Pendataan Hewan ternak sapi, kambing, domba dan babi bersama dinas terkait. “Bhabinkamtibmas akan dikerahkan membantu kegiatan pengecekan dan pendataan hewan ternak sapi, kambing, domba dan babi milik warga di desa desa,” jelasnya.

Tak hanya pendataan, pihaknya siap bekerja sama dengan dinas terkait untuk melakukan patroli dan melakukan pengawasan terhadap aktivitas keluar masuk hewan ternak di wilayah Kabupaten Magetan. Serta melakukan patroli terpadu di tingkat kecamatan dan sentra-sentra peternak sapi dan ternak lainnya dengan terus memberikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat untuk tenang.

Yakhob menghimbau kepada masyarakat, terkait wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Dari informasi dari para pakar bahwa penyakit mulut dan kuku pada ternak tidak menyebabkan gangguan kesehatan kepada manusia. (fiq/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar