Politik Pemerintahan

Labelisasi KPM PKH dan BPNT Sasar 112.023 Titik di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Labelisasi atau pemasangan stiker bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) kabupaten Pamekasan, disebar di sebanyak 112.023 titik di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan.

Jumlah tersebut berasal dari dua katagori berbeda, meliputi KPM katagori PKH dan dan KPM katagori Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) alias sembako. Dua katagori tersebut dinilai berhak mendapatkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

“Berdasar hasil Final Closing Tahap 1 Tahun 2021 PKH Pamekasan, total penerima bantuan terdata sebanyak 51.076 KPM. Sedangkan untuk katagori KPM BPNT sebanyak 60.947, total sebanyak 112.023 titik KPM,”  kata Koordinator Kabupaten (Koorkab) PKH Pamekasan, Hanafi, Sabtu (26/11/2020).

Proses labelisasi tersebut digelar serentak dengan melibatkan personil pendamping di seluruh Pamekasan, sejak Senin (21/12/2020) lalu. “Selain para pendamping, proses labelisasi ini juga melibatkan personil TNI-Polri di tingkat kecamatan, baik Babinsa maupun Babinkamtibmas,” ungkapnya.

“Jadi proses labelisasi ini kita laksanakan serentak di seluruh kecamatan di Pamekasan, baik untuk KPM PKH sendiri maupun KPM BPNT. Sekalipun untuk proses pemasangan ini kita prediksi tidak sesuai jadwal karena adanya beberapa faktor yang tidak memungkinkan,” jelasnya.

Sebelumnya pihaknya juga memprediksi proses labelisasi diprediksi molor dari jadwal sebelumnya yang diprediksi selesai pada akhir Desember 2020. Namun karena adanya beberapa faktor, proses labelisasi diprediksi tuntas pada pertengahan Januari 2021 mendatang.

“Berdasar target awal, proses labelisasi dan verifikasi data akan rampung pada akhir 2020. Namun mengingat kondisi di tengah pandemi dan cuaca musim penghujan serta faktor geografis, maka perampungan ditarget maksimal hingga pertengahan Januari 2021,” pungkasnya. [pin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar