Politik Pemerintahan

La Nyalla: Idealnya, Ada 6 Juta Pengusaha di Indonesia

Jember (beritajatim.com) – Jumlah pengusaha atau wiraswastawan di Indonesia masih belum ideal. Dewan Perwakilan Daerah RI akan mendorong pengembangan dunia wirausaha.

“Negeri ini masih membutuhkan banyak entrepreneur, karena jumlah ideal minimum pengusaha di Indonesia seharusnya adalah empat persen dari populasi penduduk,” kata Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti, saat meresmikan pabrik cerutu BIN Cigar di Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (23/11/2019).

Menurut La Nyalla, jumlah pengusaha di Indonesia saat ini masih di bawah angka dua persen dari populasi penduduk. “Bandingkan dengan Singapura yang sudah mencapai angka tujuh persen. Sementara Malaysia tercatat lima persen, Thailand tiga persen, Jepang 10 persen, dan Amerika Serikat pada angka 12 persen,” katanya.

Indonesia membutuhkan banyak pengusaha. “Sebab untuk mencapai angka empat persen dibutuhkan sekitar enam juta orang, sebuah angka yang tak sedikit,” jelas La Nyalla.

Indonesia ada pada peringkat 73 dalam hal kemudahan berusaha. Presiden Joko Widodo mencanangkan capaian peringkat 40 dunia. “Ini harus kita dukung bersama, karena dengan kemudahan bisnis akan mempercepat lahirnya pengusaha-pengusaha baru,” kata La Nyalla.

DPD RI mendukung upaya ini melalui kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri untuk membentuk gugus tugas bersama. “Ini untuk membantu menciptakan iklim dunia usaha kondusif,” kata La Nyalla. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar