Politik Pemerintahan

Kunjungan Balasan Ridwan Kamil ke Khofifah, Apakah Terkait Pilpres 2024?

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan kunjungan balasan ke Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (29/5/2021).

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan kunjungan balasan ke Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (29/5/2021). Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil ini ditemui Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Emil Elestianto Dardak.

“Tidak ada sedikitpun kunjungan balasan ini terkait penjajakan menuju 2024 (Pilpres, red). Saya heran kenapa setiap kali ada kunjungan kedinasan sekarang di luar daerahnya, tertafsirkan selalu ke arah sana. Tapi saya tidak bisa menyalahkan juga dan tidak bisa dihindari. Ini semata-mata sopan santun saya membalas kunjungan Bu Khofifah di Jawa Barat beberapa waktu lalu plus agenda-agenda produktif yang kita sinkronkan. Jadi, tidak ada pembahasan sedikitpun ke arah 2024,” tegas Kang Emil kepada wartawan.

Kang Emil juga terkesan dengan kuliner Kaldu Kokot khas Madura dan Lontong Kupang Sidoarjo yang dihidangkan di jamuan makan siang Grahadi. Khofifah juga mengupaskan buah mentega khas Kalimantan kepada Kang Emil.

Usai jamuan makan siang di Grahadi, Kang Emil diajak Khofifah untuk mengunjungi Islamic Center Surabaya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung di Jawa Barat memiliki permintaan khusus kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang dikenal seorang arsitek. Permintaan untuk mendesain masjid yang ada di Islamic Centre Jawa Timur.

Pembangunan dan pengembangan masjid di Islamic Center harus dilakukan seiring dengan pemenuhan kebutuhan daerah sekitar Islamic Center dan letak serta ukuran masjid yang relatif kurang representatif.

“Kami memiliki masjid di Islamic Centre yang secara ukuran dan tata letaknya perlu diperluas. Terlebih, masjid tersebut merupakan satu-satunya masjid yang bisa menampung jamaah dengan area parkir yang relatif luas di Surabaya Barat. Untuk itu, kami minta kepada Pak Gubernur Jabar membantu desain sekaligus merekontruksi masjid di Islamic Centre Surabaya menjadi masjid yang megah dan indah,” katanya seusai melakukan silaturrahmi di Gedung Sate, Kantor Gubernur Jabar, baru-baru ini.

Ia mengatakan, banyak hasil desain masjid dari Ridwan Kamil yang memiliki arsitektur indah. Di antara yang pernah disaksikan adalah keindahan arsitektur dari Masjid Agung di Padang dan masjid di dekat Pantai Makasar yang sangat indah.

“Saya yakin jika nantinya masjid hasil arsitek dari Kang Emil (sapaan akrab dari Gubernur Jabar) ini rampung akan memberi daya tarik di sekitar kawasan Islamic Center Surabaya. Semoga nanti pada saat Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) bisa segera dimulai pembangunannya,” tegasnya.

Dalam silaturrahmi yang berlangsung hangat itu, Gubernur Khofifah mengaku kedatangannya ke Bandung adalah untuk menghadiri stadium general sekaligus menerima tanda penghormatan Kartika Pamong Praja Madya dari IPDN Jatinangor. Selanjutnya silaturrahim dengan Muslimat NU se-Jawa Barat yang dilaksanakan di Gedung Sate. (tok/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar