Politik Pemerintahan

Kubu Faida-Oktavianto Klaim Penuhi Syarat Dukungan Calon Independen

Kubu Pasangan Perseorangan Faida dan Dwi Arya Nugraha Oktavianto di Pilbup Jember

Jember (beritajatim.com) – Kubu pasangan Faida dan Dwi Arya Nugraha Oktavianto mengklaim sudah memenuhi syarat dukungan untuk pencalonan perseorangan dalam pemilihan kepala daerah Jember, Jawa Timur. Jumlah dukungan yang sesuai aturan pencalonan sudah melampaui batas minimal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum setempat.

Hal ini dijelaskan juru bicara Faida-Oktavianto, Rully Efendi, kepadsa beritajatim.com, Sabtu (11/7/2020).

“Versi LO (Liaison Officer) di internal kami, kemarin 123 ribu (berkas dukungan) yang memenuhi syarat (saat verifikasi faktual). Sementara syarat minimal kan 121 ribu,” katanya. Verifikasi faktual KPU Jember masih berjalan.

Menurut Rully, ada sekitar empat persen dari 123 ribu berkas itu yang tidak memenuhi syarat. “Yang belum bisa diverifikasi sekitar 40 ribu (berkas dukungan),” katanya.

Rully menegaskan, penggalangan dukungan kepada warga dimulai sejak Januari 2020. “Dari awal kami meminta koordinator desa bekerja, salah satu yang kami tekankan supaya mereka meminta KTP secara jujur dan tanpa paksaan. Untuk pembuktian kejujuran, kami minta foto pada proses tanda tangan, penyerahan form, dan lain-lain. Tapi karena yang kami kumpulkan 240 ribu sekian KTP, akhirnya foto-foto itu tidak terarsip dengan baik,” katanya.

“Tapi tidak masalah kalau kemudian ada yang mengaku tidak pernah mengumpulkan KTP itu. Kami punya data by name by address, dan kami punya data kordes. Nanti kami klarifikasi. Tapi selain kordes ada relawan. Nah relawan ini yang kemudian membuat keterbatasan kami melacak itu. Tiba-tiba ada kelompok masyarakat yang ikut mengumpulkan KTP,” kata Rully.

“Kami dari panitia kabupaten sudah dari awal mewanti-wanti. Karena kami sudah paham ada proses verifikasi. Kami menekankan jangan sampai mencatut. Kalau mencatut nanti di-TMS (Tidak Memenuhi Syarat) dan kami harus mengganti dua kali lipat dari jumlah yang TMS,” kata Rully. [wir/ted] 





Apa Reaksi Anda?

Komentar