Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Kritik ‘Jember Keren’, Legislator PAN Sarankan ‘Mars Jember’ Diperdakan

Nyoman Aribowo, legislator DPRD Jember dan PAN

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada masa pemerintahan Bupati Hendy Siswanto memiliki lagu ‘Mars Jember’. Lagu ini dinyanyikan setelah ‘Indonesia Raya’ dalam setiap kali acara resmi pemerintahan.

Nyoman Aribowo, legislator Partai Amanat Nasional DPRD Jember, mengapresiasi penggunaan lagu tersebut, terlepas itu bukan hal yang lazim. “Saya sampaikan ke bupati: ini bagus, kalau tidak diperdakan akan hilang begitu saja,” katanya, dalam acara diskusi yang digelar Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jember, di Rumah Makan Taman Mangli Indah, Kamis (18/8/2022) malam.

Menurut Nyoman, Bupati Hendy sebenarnya sepakat dengan sarannya. “Tapi sampai sekarang belum (ada peraturan daerah soal lagu ‘Mars Jember’),” katanya.

Nyoman sendiri memilih tidak menyanyikan lagu itu setiap kali diperdengarkan dalam acara resmi kenegaraan di Jember. “Saya ingin menyampaikan pesan: ini maunya siapa ada mars ini,” katanya.

Nyoman juga mengkritik penggunaan slogan ‘Jember Keren’ yang selalu didengungkan Bupati Hendy. “Kalau itu mau dijadikan branding daerah, seharusnya dikonkretkan dan dibumikan, sehingga masyarakat sama-sama merasakan bahwa memang kita ini punya sasaran dan tujuan bahwa harus keren. Keren seperti apa ini kan harus didefinisikan yang masyarakat paham,” katanya.

Nyoman berharap kritiknya itu mendapat respons positif. “Filosofi pemimpin itu seperti hakim. Kita harus berpikir bijak. Melihat seseorang tidak hanya melihat tindakannya, tapi melihat motif atau latar belakang (tindakan),” katanya.

“Ketika pemimpin berpikir bijak dan Dewan yang notabene punya fungsi kontrol, dan selalu mengingatkan, dan itu dianggap sebagai masukan kontruktif, saya pikir Jember akan luar biasa,” kata Nyoman.

Mars Jember diciptakan Lies Eqicov Seven Dream, kerabat Bupati Hendy Siswanto. Berikut liriknya:

Jember..Jember…Kota Jember..
Marilah kita bersatu
Wujudkan Pancasila.. Bhineka Tunggal Ika..
Ikrar kita bersama

Jember..Jember…Kota Jember..
Kita dibesarkan jadi orang kuat
Kami siap berkorban sepenuh jiwa raga
Majulah Jember Jawa Timur

Mari bangkitkan semangat
Jadikan Jember jujur bermartabat
Makmur dan sejahtera
Satu daerahku Kota Jember

Jember..Jember..Kota Jember..
Marilah kita bersatu
Bebaskan kemiskinan belenggu penderitaan
Majulah Jember Jawa Timur

Mari bangkitkan semangat
Jadikan Jember jujur bermartabat
Makmur dan sejahtera
Satu daerahku Kota Jember

Mari bangkitkan semangat
Jadikan Jember jujur bermartabat
Makmur dan sejahtera
Satu daerahku Kota Jember
Satu Jiwaku Kota Jember
Satu semangatku Kota Jember [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev