Politik Pemerintahan

Krisis Birokrasi di Jember: Dualisme Camat Mumbulsari

Jember (beritajatim.com) – Krisis birokrasi di tubuh Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, terlihat nyata, Rabu (13/1/2021). Dua pejabat yang sama-sama mengantongi surat tugas camat Mumbulsari sama-sama hadir di kantor.

Dua camat itu adalah Haidori dan Joko Soponyono. Haidori diangkat menjadi camat berdasarkan pengembalian jabatan sesuai rekomendasi Menteri Dalam Negeri soal Kedudukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (KSOTK) 2016, yang dilaksanakan saat Abdul Muqiet Arief menjabat pelaksana tugas bupati, November 2020. Sementara Joko menjadi pelaksana tugas camat berdasarkan surat keputusan Bupati Faida yang menggunakan peraturan bupati soal KSOTK 2021.

Joko datang ke kantor kecamatan saat Haidori sedang rapat dengan anak buahnya pada pukul 09.00 WIB. “Saya menyampaikan hasil pertemuan yang dipimpin Pak Wakil Bupati, Selasa (12/1/2021),” kata Haidori.

Joko menyampaikan bahwa mendapat surat tugas pelaksana tugas camat Mumbulsari dari Bupati Faida. Haidori akhirnya mempersilakan Joko ikut rapat juga. “Terus gantian saya bahwa saya dulu juga ditunjuk Pak Kiai Muqiet menjadi camat Mumbulsari. Saya tunjukkan surat keputusannya,” kata Haidori.

Usai rapat, Haidori dan Joko sama-sama tidak bisa menentukan siapa yang paling sah. “Masalah yang benar dan salah, saya tidak berani mengeksekusi. Sama seperti Pak Joko,” kata Haidori.

Kabar dualisme ini menyebar melalui pesan WhatsApp. Bahkan, terdengar kabar, penentuan siapa yang bertugas menjadi camat ditentukan melalui pemungutan suara staf kecamatan dalam rapat. Hal ini dibantah Haidori. “Tidak benar itu, Tidak tahu sumbernya dari mana. Saya dan Pak Soponyono tidak bicara itu,” katanya.

Akhirnya disepakati di antara keduanya bahwa Haidori yang menandatangani dokumen administrasi di kecamatan. Pemerintah desa masih melayangkan surat kepada Haidori. “Sambil menunggu keputusan lebih lanjut. Kalau (yang tanda tangan) keduanya, kan tidak etis. Masa double,” kata Haidori. Beritajatim.com belum berhasil meminta konfirmasi Joko. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar