Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

KRI Golok, Kapal Anti Radar Buatan Indonesia

Banyuwangi (beritajatim.com) – Produsen dalam negeri berhasil memproduksi sebuah kapal canggih. Kapal itu adalah jenis Kapal Cepat Rudal (KCR) Trimaran merupakan produksi PT Lundin Industri di Kelurahan Klatak, Banyuwangi.

Hari ini, kapal yang diberi nama KRI Golok 688 itu telah resmi dilaunching oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Yudo Margono. Kapal itu nantinya menjadi tambahan alutsista milik TNI AL.

“Ini merupakan jenis kapal cepat rudal yang memiliki kecepatan tinggi yang nanti dilengkapi persenjataan rudal,” kata Kasal Yudo Margono, Sabtu (21/8/2021).

Kapal ini, kata Yudo, nantiny akan masuk di jajaran TNI Angkatan Laut. “Terbuat dari bahan carbon composite sehingga memiliki kelebihan dan karakteristik yang berbeda dibanding dengan kapal yang terbuat dari almini ataupun dari besi. Sehingga untuk menghadapi putaran ranjaupun sangat bagus,” terangnya.

Kapal ini memiliki panjang 63 Meter, water draft 1,2 Meter, Beam overall 16 Meter dan berbobot sekitar 219 Ton. Selain itu, kapal ini memiliki karakteristik desain siluman dan menggabungkan fitur yang meminimalkan deteksi dari radar.

“Sehingga memiliki karakteristik yang berbeda dengan kapal lain. Nantinya akan kita uji coba dengan kapal-kapal perang kita yang lain,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, KRI Golok 688 juga berhasil uji coba di laut Selat Bali. Saat ini, kondisi kapal masih 93 persen dan akan dilakukan penyempurnaan sebelum nantinya diserahkan ke TNI AL. (rin/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan