Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

KPUD Lamongan Temukan Ribuan Keanggotaan Parpol yang Ganda

Proses verifikasi Parpol di KPUD Lamongan.[ist]

Lamongan (beritajatim.com) – Hingga kini, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lamongan masih melakukan proses verifikasi administrasi terhadap Partai Politik di Lamongan. Dari verifikasi yang dilakukan, terungkap ada ribuan keanggotaan partai yang ganda. Selain itu, juga ditemukan ada seseorang yang namanya dicatut di 3 Parpol sekaligus.

Menurut Ketua KPUD Lamongan, Mahrus Ali, adanya keanggotan ganda dan pencatutan nama seseorang di Parpol ini hampir berasal dari seluruh Parpol yang ada di Kabupaten Lamongan.

Pihaknya menambahkan bahwa sampai saat ini proses verifikasi Parpol di Lamongan masih berjalan sesuai timeline yang ditetapkan oleh KPU RI. Sesuai keputusan KPU yang baru, diundur sampai tanggal 4-5 September.


Baca Juga:

    Sedangkan mengenai verifikasi administrasi ini, tutur Mahrus, KPUD fokus pada keanggotaan Parpol, termasuk di dalamnya tentang keanggotaan yang ganda. “Awalnya verifikasi dugaan keanggotaan ganda dan yang berpotensi Belum Memenuhi Syarat (BMS) itu pada tanggal 27-28 Agustus. Kini menjadi tanggal 4-5 September,” ujar Mahrus Ali, Selasa (30/8/2022).

    Lebih lanjut Mahrus menegaskan, KPUD masih terus melakukan penyisiran terhadap dugaan keanggotaan ganda ini. Sehingga, dari hasil penyisiran itu, tidak menutup kemungkinan bahwa jumlah keanggotaan ganda Parpol itu akan bertambah. “(Ada) Ribuan (keanggotaan ganda) dari seluruh parpol. Kegandaan hampir setiap partai ada. Cuman secara keseluruhan belum bisa merekap,” terangnya.

    Untuk keanggotaan ganda sendiri, Mahrus menjelaskan, terdapat 2 model kegandaan, yakni kegandaan ekternal dan kegandaan internal. Ia juga menyebut, keanggotaan ganda Parpol menjadi salah satu penyebab parpol dinyatakan Belum Memenuhi Syarat (BMS).

    “Dapat berupa satu identitas tapi dipakai beberapa orang, ini termasuk ganda internal. Dapat pula berupa pencatutan nama anggota partai terdahulu dan masih tetap ada partai lain, ini termasuk ganda eksternal,” jelasnya.

    Hal senada juga dikatakan Ketua Bawaslu Lamongan, Miftahul Badar. Menurutnya, ada banyak keanggotaan ganda yang ditemukan dalam proses verifikasi administrasi parpol yang ada di Lamongan. “Ada banyak keanggotaan ganda yang kami temukan. Ada satu orang yang tercatut di 3 parpol berbeda,” ungkapnya.

    Kendati demikian, Badar menuturkan bahwa berdasarkan ketentuan, keanggotaan ganda itu bersifat BMS atau berpotensi TMS (Tidak Memenuhi Syarat). Oleh karenanya, kata Badar, Parpol sebenarnya berhak untuk membenahi atau memperbaiki datanya.

    “Misalnya bagi anggota Parpol tertentu yang diduga ganda dengan Parpol lain, maka Parpol sebetulnya dapat membenahinya dengan cara memberikan surat pernyataan dari anggota yang bersangkutan. Ketika pembenahan itu dilakukan, data tersebut bisa saja menjadi MS (Memenuhi Syarat),” paparnya.

    Masih kata Badar, kesempatan Parpol untuk melakukan pembenahan kembali itu diberikan waktu sampai tanggal 3 September 2022. “Problem krusialnya ialah apakah Parpol telah menerima data kegandaan dari KPU atau tidak, sehingga dapat mengambil kesempatan untuk menindaklanjuti atau membenahi data anggotanya yang diduga ganda tersebut. Hal ini perlu dikroscek ke Parpol langsung. Pasalnya, jika parpol belum menerima data tersebut, bisa saja ada potensi kerugian Parpol. Mendapat data tersebut dan menindaklanjutinya ibarat hak parpol. Ini perlu dilindungi,” pungkasnya.[riq/kun]


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar

    beritajatim TV

    Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

    Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev