Politik Pemerintahan

KPU Tuban Sebut Puluhan Surat Suara Rusak, Ini Fakta Sebenarnya

Tuban (beritajatim.com) – Proses sortir dan pelipatan surat suara dalam persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang tinggal beberapa hari lagi telah selesai dilakukan oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban, Sabtu (6/4/2019).

Dari hasil sortir surat suara yang melibatkan ratusan orang warga tersebut menurut Ketua KPU Kabupaten Tunan hanya terdapat puluhan surat suara dari masing-masing jenis yang ditemukan rusak. Namun, pihak KPU tidak menjelaskan secara detail berapa total kerusakan surat suara yang ada.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, pelaksanaan sortir dan pelipatan surat suara di Kabupaten Tuban melibatkan sekitar 450 orang yang berlangsung selama beberapa hari. Dari hasil sortir jutaan surat suara baik dari suara suara Calon Presiden Wakil Presiden, Calon Legislatif (Caleg) dikatakan hanya ada puluhan surat suara yang rusak.

“Untuk kerusakan surat suara hasil sortir hanya puluhan dibanding dengan jumlahnya yang sekitar empat jutaan surat suara. Hanya puluhan per jenis surat suara, masih normal sifatnya,” terang Kasmuri, Ketua KPU Tuban tanpa menjelaskan berapa surat suara yang rusak.

Kasmuri menambahkan, bahwa kerusakan surat suara tersebut sudah disampaikan ke KPU RI dan segera untuk meminta penggantinya. Kekurangan akibat dengan adanya kerusakan yang ditemukan saat sortir tersebut akan segera dikirim sebelum pelaksanaan Pemilu 17 April mendatang.

“Untuk penggantian surat suara yang rusak itu segera, sebelum tanggal 17 April nanti,” tambahnya.

Sementara itu, pernyataan Ketua KPU Tuban yang mengatakan kerusakan surat suara hanya puluhan itu terkesan menutup-nututi data yang ada, pasalnya apa keterangan itu beda dengan data yang sesungguhnya. Berdasarkan data dari Bawaslu Tuban kerusakan surat suara dalam Pilpres dan Pileg 2019 total mencapai ribuan.

“Berdasarkan data dari berita acara yang kami dapatkan total surat suara yang rusak sebayak 2.490,” ungkap M Arifin, Komisioner Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Tuban.

Adapun rinciannya masing-masing surat suara yang rusak itu adalah surat suara Pilpres ada sebanyak 1.067, DPR RI jumlahnya 327, DPD RI 316, DPRD Provinsi 518. Sedangkan untuk surat suara DPRD Kabupaten yang rusak 262 surat suara dari semua dapil yang ada di Kabupaten Tuban dengan berbagai macam jenis kerusakan.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar