Politik Pemerintahan

KPU Tetapkan Gus Yani-Bu Min sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gresik

Pasangan NIAT

Gresik (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) dan Aminatun Habibah (Bu Min) sebagai Bupati dan Wakil Bupati periode 2021 hingga 2024. Penetapan tersebut disahkan, seiring tidak adanya Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Rencanannya, penetapan bupati dan wakil bupati terpilih akan berlangsung pada, besok Jumat (22/1). KPU akan menggelar acara ini dengan protokol kesehatan sangat ketat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Ketua KPU Gresik Akhmad Roni menuturkan, penetapan ini digelar karena Pilkada tahun 2020 ini tidak ada sengketa di MK. Hal itu sesuai PKPU nomor 5 tahun 2020, tentang perubahan ketiga atas PKPU nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggara pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan wali kota dan wakli walikota tahun 2020.

“Seharusnya paling lama tiga hari, tapi kami akan gelar pada besok siang,” tuturnya, Kamis (21/01/2021).

Sedangkan dalam acara tersebut, KPU Gresik akan mengundang kedua paslon bupati dan wakil bupati. Tidak lupa pimpinan partai pengusung, ketua tim kampanye dan Bawaslu.

“Kita tetap mengundang, tapi dengan mekanisme protokol kesehatan yang ketat,” imbuh Roni.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, pasangan nomor urut 1 Moh. Qosim dan Asluchul Alif (QA) memperoleh 355.611 suara. Sedangkan paslon nomor urut 2 H Fandi Ahmad Yani dan Aminatun Habibah (NIAT) mendapatkan 369.844 ribu suara.

Dengan hasil ini, paslon Fandi Ahmad Yani dan Aminatun Habibah (Gus Yani-Bu Min) unggul dari paslon nomor satu dengan selisih 14.233 suara. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Resep Sup Kikil, Gurih dan Empuk

Sup Ikan, Menu Berbuka Puasa Bergizi Tinggi

Soil dari Tanah Kembali ke Tanah