Politik Pemerintahan

KPU Tetapkan Fauzi-Eva Sebagai Paslon Terpilih Pilkada Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep menetapkan Ach. Fauzi – Hj. Dewi Khalifah sebagai pasangan calon (paslon) terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep 2020.

Penetapan paslon terpilih itu dilakukan dalam Rapat Pleno Terbuka di Pendopo KPU Sumenep, Jl. Asta Tinggi pada Jumat (22/1/2021) malam. Acara tersebut juga dihadiri Komisioner KPU Jawa Timur, Miftahurrazak, Ketua Bawaslu Sumenep, serta perwakilan partai politik. Sementara pasangan calon yang hadir hanya Ach. Fauzi.

Ketua KPU Sumenep, A. Warits Sumenep menjelaskan, penetapan pasangan calon terpilih dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menerbitkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK). Selain itu, tidak ada gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) untuk Pilkada Sumenep 2020.

“Hasil Pilkada Sumenep tidak termasuk yang disengketakan, sehingga paslon terpilih bisa ditetapkan setelah MK menerbitkan BRPK,” terangnya.

Ia menjelaskan, KPU Sumenep telah menerima salinan e-BRPK dari MK itu melalui KPU RI pada Rabu (20/01/2021). “Kami diberi rentang waktu paling lama lima hari setelah ada pemberitahuan BRPK, untuk melakukan penetapan calon terpilih,” ujarnya.

Penetapan pasangan calon terpilih itu dilakukan berpedoman pada hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten. Untuk pasangan nomor urut 1 Ach. Fauzi-Dewi Khalifah (Fauzi-Eva) meraup 319.876 suara atau 51,9 persen. Sedangkan pasangan Fattah Jasin-Ali Fikri (Fattah-Mas Kiai) mengantongi 296.676 suara atau 48,1 persen.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrohim, paslon nomor urut 1 kami tetapkan sebagai paslon terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep,” ucap Warits.

Usai menetapkan secara resmi paslon terpilih, Ketua dan anggota KPU Sumenep menandatangani berita acara penetapan paslon terpilih pada Pilkada serentak 2029. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan SK KPU Kab Sumenep tentang penetapan paslon terpilih pada pemilihan bupati dan wakil bupati. [tem/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar