Politik Pemerintahan

KPU Sumenep Terima Surat Suara Pemilu 2019

Sumenep (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, telah menerima logistik Pemilu 2019 berupa Surat Suara (SS).

“Kami memang sudah menerima logistik berupa surat suara. Tetapi belum lengkap. Terutama surat suara untuk DPRD Provinsi dan DPR RI. Kalau surat suara untuk DPRD Kabupaten sudah lengkap,” kata Ketua KPU Sumenep, A. Warits, Jumat (08/02/2019).

Ia menjelaskan, sisa surat suara untuk DPRD Provinsi dan DPR RI masih dalam pengiriman. Diperkirakan akan tiba di KPU Sumenep pada Sabtu (09/02/2019). Sedangkan surat suara untuk DPD, sama sekali belum diterima KPU.

“Informasi terakhir, nanti atau besok akan ada surat suara datang lagi. Kemungkinan bersamaan dengan sisa surat suara untuk DPR RI dan DPRD Provinsi, termasuk surat suara cadangan,” terang Warits.

Ia memaparkan, untuk surat suara cadangan, baik DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi, DPD, maupun DPR RI, masing-masing sebanyak 1.000 lembar. Surat suara cadangan itu hanya boleh digunakan jika terjadi pemilihan ulang.

“Kalau tidak ada pemilihan ulang, surat suara cadangan itu tidak boleh digunakan. Jumlah surat suara yang dikirim itu sesuai dengan jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT),” paparnya.

Ia menambahkan, setelah seluruh surat suara sampai di KPU, maka akan dilakukan tahapan berupa sortasi. “Saat ini surat suara kami simpan di gudang KPU dengan penjagaan aparat kepolisian,” ujarnya.

Berdasarkan data di KPU Sumenep, jumlah DPT Pemilu 2019 sebanyak 872.764, terdiri dari 410.522 laki-laki dan 462.242 perempuan. Sedangkan jumlah TPS sebanyak 4.315. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar