Politik Pemerintahan

KPU Sumenep Siapkan Rp 350 Juta untuk Situasi Darurat

Sumenep (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep mengalokasikan anggaran cukup besar untuk pendistribusian logistik pemilihan bupati/ wakil bupati setempat. Total anggarannya mencapai Rp 1 miliar.

“Anggaran distribusi logistik itu cukup besar karena memang kondisi geografis Sumenep yang terdiri dari banyak wilayah kepulauan. Pengiriman ke kepulauan itu memerlukan biaya yang cukup besar,” kata Sekretaris KPU Sumenep, Anwar Syahroni Yusuf, Kamis (3/12/2020).

Ia memaparkan, anggaran pendistribusian logistik Pilkada Sumenep itu dihitung mulai dari KPU hingga ke TPS. Rinciannya, Rp 247 juta untuk anggaran pengiriman dari KPU ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Kemudian untuk pengiriman dari PPK ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dianggarkan sebesar Rp230,8 juta.

Sedangkan biaya pengiriman dari PPS ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebesar Rp250 juta. “Selain itu, kami juga menyiapkan anggaran khusus jika terjadi situasi darurat. Anggarannya Rp 350 juta,” terangnya.

Situasi darurat itu misalnya ada kendala pada saat pengiriman, yakni terjadi cuaca buruk dan kendala lainnya. “Anggaran itu kami siapkan sebagai upaya antisipasi. Jadi anggaran itu tidak harus digunakan,” terangnya.

KPU Sumenep menyiapkan sebanyak 2.500 TPS yang tersebar di 334 desa/kelurahan di kabupaten berlambang kuda terbang tersebut. Sedangkan untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pesta demokrasi kali ini sebanyak 822.320 pemilih. [tem/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Pizza Meat Lover Menu Berbuka Favorit Anak

Resep Rawon Iga Lunak Cocok untuk Berbuka

Pameran Lukisan Anak Berkebutuhan Khusus

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk