Politik Pemerintahan

KPU Sumenep Luncurkan Maskot Pilkada 2020, Kakak Tua ‘Si Jambul Kuning’

Sumenep (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep meluncurkan maskot untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020. Maskot tersebut adalah burung kakak tua jambul kuning.

“Kami memilih kakak tua jambul kuning sebagai maskot, karena burung jenis itu merupakan burung asli Sumenep, tepatnya di Pulai Masakambing, Kecamatan Masalembu,” kata Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi, Jumat (17/01/2020).

Kakak Tua jambul kuning abotti merupakan burung yang dilindungi karena hampir punah. Burung jenis itu hanya ada di Pulau Masakambing. Kakak Tua jambul kuning merupakan satu dari empat satwa yang populasinya menjadi perhatian di Jawa Timur selain elang jawa, banteng, dan rusa bawean.

“Kami memilih kakak tua jambul kuning ini sebagai maskot dengan harapan masyarakat ikut punya tanggung jawab melestarikan burung langka ini. Jadi kami tidak hanya bicara soal politik, tapi kami juga peduli pada kelestarian alam,” papar Rafiqi.

Namun menurutnya, maskot ‘Si Jambul’ itu merupakan singkatan dari Siap Jurdil, Aman, Memilih Bupati Langsung. Sedangkan lima jambul berarti setia kepada pancasila. Warna kuning pada jambul menandakan ceria, energik, dan optimis menatap masa depan Sumenep yang lebih baik.

“Kami memilih menggunakan maskot dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep agar masyarakat lebih tertarik untuk datang ke TPS saat hari H pencoblosan,” ungkapnya.

Kabupaten Sumenep merupakan satu-satunya Kabupaten di Pulau Madura yang menggelar Pilkada pada 2020. Sesuai jadwal, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep akan digelar pada Rabu, 23 September 2020. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar