Politik Pemerintahan

KPU Sumenep Lelang Sepuluh Ribu Kotak Suara

Sumenep (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep akan melelang lebih dari sepuluh ribu kotak suara Pemilu yang sudah tidak terpakai.

“Kami akan melelang kotak suara ini, karena sudah tidak dipakai lagi. Sesuai amanat undang-undang, kotak suara harus transparan,” Ketua KPU Sumenep, A. Warits, Kamis (25/04/2019).

Saat ini kotak suara tersebut sudah dikeluarkan dari dalam gudang, karena akan diisi dengan kotak suara Pemilu 2019.

“Kotak suara Pemilu 2019 sudah mulai dikembalikan ke KPU dari PPK yang sudah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan. Karena itu, kotak suara yang lama dikeluarkan, diganti dengan kotak suara Pemilu 2019,” terang Warits.

Proses pelelangan kotak suara itu akan dilakukan oleh KPU Sumenep. Warits mengaku sudah mendapat izin dari Sekjen KPU RI.

“Kenapa dari izinnya dari Sekjen KPU RI? Karena terkait pelelangan itu merupakan ranahnya Sekjen KPU RI, bukan komisioner,” ujar Warits.

Pada Pemilu 17 April 2019, kotak suara yang digunakan berbahan kardus dengan bagian tengah transparan. Meski dari kardus, namun kotak suara tersebut diklaim kuat dan aman. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar