Politik Pemerintahan

KPU Sumenep: Berkas Pendaftaran Fattah Jasin – Ali Fikri Memenuhi Syarat

Sumenep (beritajatim.com) – Pasangan bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Fattah Jasin – Ali Fikri, mendaftarkan diri ke KPU setempat pada hari kedua pendaftaran, Sabtu (05/09/2020).

Tiba di KPU Sumenep, pasangan bakal calon didampingi 25 pengantar, mengikuti protokol kesehatan. Diantaranya pengecekan suhu tubuh, cuci tangan dengan air mengalir, mengenakan masker, dan jaga jarak.

Di pendopo KPU, pasangan bakal calon ini menuju meja pendaftaran yang telah disiapkan sambil membawa berkas-berkas pendaftaran. Lima Komisioner KPU Sumenep yang menerima pendaftaran bakal calon, langsung melakukan verifikasi dan pengecekan berkas. Dari hasil pengecekan, berkas pasangan Fattah Jasin – Ali Fikri, dinyatakan memenuhi syarat dan lengkap.

“Dokumen pendaftaran pasangan bakal calon ini telah memenuhi syarat pencalonan. Diantaranya, diusung partai politik dengan minimal 20 persen jumlah kursi di DPRD Sumenep, yakni 10 kursi,” terang Komisioner KPU Sumenep, Rahbini.

Pasangan Fattah Jasin – Ali Fikri diusung PKB, PPP, Partai Demokrat, Nasdem, dan Hanura. Selain itu, juga didukung dua partai non parlemen, yakni Partai Golkar dan Partai Gelora.

“Setelah berkas pendaftaran pasangan bakal calon ini dinyatakan memenuhi syarat, maka KPU akan melakukan verifikasi berkas masing-masing bakal calon, mulai keabsahan ijazah, SKCK, surat keterangan bebas narkoba dan beberapa persyaratan lain,” papar Rahbini.

Verifikasi berkas calon tersebut dilakukan hingga 12 September. Apabila ada berkas yang kurang lengkap, maka bakal calon akan diberi waktu untuk melakukan perbaikan berkas.

“Selain itu, tahap berikutnya para bakal calon ini diwajibkan mengikuti tes kesehatan jasmani dan rohani di rumah sakit yang telah ditunjuk,” terangnya. (tem/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar