Politik Pemerintahan

KPU Siapkan Pemungutan Suara Ulang di TPS 6 Bancangan Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemungutan suara ulang (PSU) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di TPS 06 Desa Bancangan Kecamatan Sambit Ponorogo akan dilaksanakan besok, Jumat (25/4/2019). Menurut pantauan beritajatim.com di lokasi, terlihat saat ini para petugas KPPS sedang melakukan persiapan. Seperti menata meja maupun kursi untuk mengantri para pemilih.

”Tempat untuk PSU kami siapkan sejak hari ini, supaya besok pelaksanaannya lancar,” kata Sekretaris PPS Desa Bancangan Megah Degen Hartanto, Rabu (24/4/2019).

Megah mengungkapkan logistik pemilu direncanakan juga akan tiba hari ini. Mengenai coblosan yang dilakukan tidak pada hari libur. Megah menyebut pihaknya sudah meminta surat dispensasi dari KPU Ponorogo. Sementara ada 6 surat dispensasi yang dikeluarkan, 2 untuk anggota KPPS dan 4 untuk calon pemilih. Dengan fasilitas berupa surat dispensasi yang diberikan ini, diharapkan partisipasi masyarakat bisa lebih tinggi dari pada coblosan yang pertama pada tanggal 17 April.

”Semoga DPT 292 orang bisa hadir semua untuk memilih,” katanya.

Diberitakan sebelumnya KPU Ponorogo akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 06 Desa Bancangan Kecamatan Sambit. Langkah ini dilakukan, karena TPS tersebut disinyalir ditemukan pelanggaran pada pemungutan suara pada 17 April 2019 lalu.

Ketua KPU Ponorogo Ahmad Fauzi Huda mengungkapkan sesuai ketentuan pelaksanaan PSU paling lambat 10 hari setelah pemungutan suara. Pihaknya merencanakan PSU di TPS 06 Desa Bancangan Kecamatan Sambit ini diadakan pada tanggal 25 April 2019 mendatang.

”Kami lakukan PSU ini setelah mendapat rekomendasi dari Bawaslu Ponorogo. Karena ada 4 pemilih dari luar Ponorogo tanpa menggunakan formulir A5 mencoblos di TPS 06,” katanya.

Fauzi sapaan akrab Ahmad Fauzi Huda mengaku KPU Ponorogo sudah berkordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Timur untuk gelaran PSU ini. Termasuk kebutuhan surat suara yang akan digunakan sekarang sudah dikirim oleh KPU Provinsi Jawa Timur. Karena semua logistik nanti ada tanda khusus tentang pemilihan ulang. PSU nanti hanya pencoblosan untuk surat suara Pilpres dan caleg DPR RI. Dikarenakan 4 pemilih luar Ponorogo yang ikut mencoblos di TPS 06 itu dulu diberi surat suara Pilpres dan Pileg DPR RI.

”Jadi PSU nanti hanya untuk 2 jenis pemilihan, yakni pilpres dan pileg untuk DPR RI,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar