Politik Pemerintahan

KPU Ponorogo Terima Laporan Dana Kampanye, Ini Nominal Tiap Paslon

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Ponorogo Arwan Hamidi [foto/Endra Dwiono]

Ponorogo (beritajatim.com) – KPU Ponorogo sudah menerima laporan dana kampanye (LDK) kedua pasangan calon (paslon) dalam Pilkada 2020. Paslon Sugiri-Lisdyarita maupun Ipong-Bambang sama-sama menyerahkan LDK pada hari terakhir, yakni 6 Desember 2020.

“Kedua paslon tepat waktu, mereka menyerahkan LDK pada hari terakhir, yakni 6 Desember,” kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Arwan Hamidi, Senin (7/12/2020).

Usai diserahkan, LDK masing-masing paslon diperiksa. Hasilnya, tidak didapati adanya penerimaan atau pengeluaran yang menyalahi aturan. KPU Ponorogo selanjutnya menyerahkan LDK tersebut ke akuntan publik.

Arwan menyebut kantor akuntan publik yang ditunjuk sudah diverifikasi oleh KPU RI. Disana, LDK itu akan diaudit selama 15 hari kerja. Selesai diaudit, LDK kembali diserahkan ke KPU.
“Usai diaudit oleh akuntan publik, LDK diserahkan lagi ke KPU untuk diumumkan ke masyarakat,” katanya.

Untuk diketahui, LDK kedua paslon ini meliputi penerimaan dan pengeluaran. Masing-masing menyisakan sedikit saldo di rekeningnya. Paslon Sugiri-Lisdyarita melaporkan total penerimaan Rp 3,39 miliar.

Terdiri dari Rp 5 juta uang tunai, Rp 1,19 miliar barang, dan Rp 2,19 miliar jasa. Sedangkan untuk pengeluaran, pasangan ini mengeluarkan sebanyak Rp 3,39 miliar. Sehingga saldo tersisa di rekening ada Rp 884 ribu.

Sementara untuk Ipong-Bambang melaporkan penerimaan dana kampanye sebanyak Rp 1,12 miliar. Terdiri dari uang senilai Rp 311 juta dan barang Rp 810 juta. Untuk pengeluaran total Rp 1,12 miliar. Dengan saldo tersisa Rp 1,04 juta.

“Pengeluaran kedua paslon rata-rata untuk kegiatan kampanye dan pembelian bahan kampanye seperti brosur, masker dan kaus,” pungkasnya. [end/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar