Politik Pemerintahan

KPU Ponorogo: Tahapan Pendaftaran Selesai, Lanjut Tes Kesehatan Bapaslon

Ketua KPU Ponorogo Munajat (foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – KPU Ponorogo sudah menerima berkas pendaftaran dua bakal pasangan calon (bapaslon) pada Pilkada Ponorogo tahun ini. Yakni bapaslon Sugiri Sancoko-Lisdyarita yang mendaftar pada hari Jumat (4/9) dan Ipong Muchlissoni-Bambang Tri Wahono yang daftar pada Minggu (6/9). Ketua KPU Ponorogo Munajat mengungkapkan bahwa pihaknya akan menunggu hingga akhir tahapan pendaftaran yakni tanggal 6 September 2020 sampai pukul 24.00 WIB.

“Jika sampai waktu yang sudah ditentukan, tidak ada lagi yang mendaftar, otomatis tahapan pendaftaran di tutup. Dan ada dua bapaslon yang mendaftar,” kata Munajat, Minggu siang.

Jika dilihat dari jumlah kursi di parlemen, dua bapaslon sudah memenuhi syarat dan ketentuan. Sugiri-Lisdyarita didukung oleh 9 kursi dari 4 partai politik (parpol). Yakni PDI Perjuangan (4 kursi), PAN (3 kursi), PPP (1 kursi) dan Hanura (1 kursi). Sedangkan sang petahana di dukung oleh koalisi gemuk yakni 36 kursi dari 6 parpol. Yakni Nasdem (10 kursi), PKB (8 kursi), Gerindra (5 kursi), Demokrat (5 kursi), Golkar (4 kursi), PKS (4 kursi).

“Kita lakukan pengecekan administrasi, pertama syarat pencalonan harus dipenuhi dukungan parpol dan yang kedua syarat calon. Dan semuanya sudah lengkap dan dinyatakan diterima,” katanya.

Sekedar diketahui, bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) Sugiri Sancoko dan Lisdyarita mendaftar ke komisi pemilihan umum (KPU) Ponorogo pada Jumat (4/9) siang. Dua pasangan ini diarak oleh kesenian jaran tek, gajah – gajahan dan reyog sebelum masuk ke kantor KPU Ponorogo yang beralamat di jalan Soekarno-Hatta No. 401 Ponorogo tersebut.

Sedangkan bakal pasangan calon (bapaslon) Ipong Muchlissoni dan Bambang Tri Wahono mendaftar ke kantor KPU Ponorogo pada hari Minggu (6/9/2020) siang. Bapaslon yang didukung oleh 6 partai politik (parpol), yakni Nasdem, PKB, Gerindra, PKS, Demokrat dan Golkar itu dengan berjalan kaki menuju KPU Ponorogo. Dari gedung Bakti hingga kantor KPU kurang lebih berjarak satu kilometer, Ipong – Bambang berjalan kaki juga diiringi oleh ribuan pendukungnya yang juga berjalan kaki. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar