Politik Pemerintahan

KPU Pamekasan Optimistis Partisipasi Pemilih Sesuai Target

Pamekasan (beritajatim.com) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Moh Hamzah optimistis partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu 2019 sesuai target yang dicanangkan.

Sekalipun dalam pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan yang digelar serentak, Rabu (17/4/2019), pihaknya memasang target 90 persen partisipasi masyarakat dari total sebanyak 706.756 pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Walaupun tidak sesuai dengan target yang kita canangkan, prediksi kami Insya Allah mendekati angka 90 persen. Mungkin di kisaran 80 persen atau di bawahnya sedikit,” kata Ketua KPU Pamekasan, Moh Hamzah, Selasa (30/4/2019).

Keyakinan tersebut bukan tanpa alasan, sebab pihaknya juga menerjunkan tim monitoring yang disebar di berbagai wilayah di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam saat proses pencoblosan. “Prinsipnya pemilu kali ini berbeda dengan Pilkada 2018,” ungkapnya.

“Dalam artian, pemilu kali ini banyak pihak yang berkepentingan untuk menarik animo masyarakat datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara). Sementara dari kami hanya menginginkan bagaimana masyarakat bisa menggunakan hak suara di pemilu 2019,” jelasnya.

Selain itu, pemilihan serentak yang menyertakan lima jenis pemilihan berbeda, meliputi Pemilihan Legislatif (Pileg) mulai tingkat daerah, Provinsi, Pusat hingga pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Juga menjadi nilai tambah untuk angka pemilih di Pemilu 2019, termasuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

“Banyaknya caleg dari tingkat daerah sampai pusat, kami kira juga menjadi salah satu indikator bagaimana mendorong masyarakat agar datang ke TPS untuk menyalurkan hak suara mereka. Sementara KPU RI pasang target 77,5 persen partisipasi masyarakat pada pemilu tahun ini,” pungkasnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar