Politik Pemerintahan

KPU Pamekasan Gembleng 55 Relawan Demokrasi

Pamekasan (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, menggembleng sebanyak 55 orang relawan demokrasi yang dinyatakan lolos proses rekrutmen di Aula PKP-RI Jl Kemuning, Pamekasan, Selasa (22/1/2019).

Gemblengan tersebut sebagai bagian dari sosialisasi sekaligus proses bimbingan dan teknis (bimtek), khusus bagi para relawan demokrasi untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang dijadwalkan digelar serentak 17 April 2019 mendatang.

“Relawan demokrasi ini terdiri dari kelompok masyarakat dan mengacu pada segmentasi pemilih yang akan berperan sebagai volunter demokrasi di masyarakat,” kata Divisi Perencanaan dan Data KPU Pamekasan, Mohammad Subhan, Selasa (22/1/2019).

Dari 55 relawan demokrasi yang terpilih dari total pendaftar sebanyak 167 orang, nantinya bakal mencover objek sasaran seperti yang sudah ditentukan.

“Para relawan ini nantinya mencover 11 basis (sasaran) berbeda yang tersebar di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan,” ungkapnya.

“Sasaran tersebut meliputi basis keagamaan, berkebutuhan khusus, penyandang disabilitas, basis keluarga, pemilih pemula, basis pemuda, pemilih perempuan, pemilih marginal, basis komunitas, relasi dan netizen,” jelasnya.

Hanya saja dalam proses rekrutmen relawan demokrasi tersebut, pihaknya lebih memprioritaskan pada kebutuhan basis serta tidak merata di 13 kecamatan berbeda di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

“Untuk proses rekrutmen kami memang tidak merekrut (relawan demokrasi) di setiap kecamatan, tapi merekrut berdasarkan kompetensi kebutuham 11 basis yang ada,” pungkas pria yang akrab disapa Subhan. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar