Politik Pemerintahan

KPU Malang Verfak Ulang 40 Ribu Berkas Dukungan Calon Perseorangan

Malang (beritajatim.com) – KPU Kabupaten Malang mulai melakulan verifikasi faktual ulang berkas dukungan calon perseorangan berjargon Malang Jejeg, mulai Jumat (11/9/2020) hari ini. Perbaikan ulang verfak ini selama tiga hari ke depan dan akan berakhir pada Sabtu (13/9/2020) lusa.

Setelah verfak selesai, pleno rekapitulasi tingkat kecamatan akan dilaksanakan KPU Kabupaten Malang pada Senin (14/9/2020). Dilanjut dengan pleno rekapitulasi tingkat kabupaten pada Selasa (15/9/2020).

“Pada tanggal 15 September nanti akan dapat diketahui apakah syarat minimal dukungan memenuhi syarat atau tidak untuk mendaftarkan sebagai pasangan calon,” ujar Komisioner KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika, Jumat (11/9/2020).

Petugas yang akan melakukan verfak adalah panitia pemungutan suara (PPS) di setiap wilayah. Dimana verfak dilakukan dengan sistem sensus. Atau petugas KPU yang mendatangi ke masing-masing rumah pendukung Malang Jejeg.

“Yang melaksanakan verifikasi faktual adalah PPS dan akan ditambah petugas peneliti sesuai kebutuhan di tiap wilayah. Dan sesuai hasil koordinasi bersama LO Bapaslon Perseorangan dan Bawaslu, metode verfak ulang adalah menggunakan sensus. Petugas kami yang mendatangi ke rumah pendukung,” tegas pria yang akrab disapa Dika ini.

Jika ditotal, lanjut Dika, ada sebanyak 40.321 berkas dukungan Malang Jejeg yang harus di verfak selama tiga hari.

Apabila dalam pleno rekapitulasi berkas dukungan Malang Jejeg dinyatakan memenuhi jumlah minimal sebagai persyaratan mendaftar bapaslon bupati dan wakil bupati, maka KPU harus menjalankan amar putusan musyawarah pleno terbuka pada Selasa (8/9/2020) lalu.

“Nanti teknisnya seperti apa, keputusannya ada di KPU,” tambah Kordiv Sengketa Bawaslu Kabupaten Malang, Abdul Alam Amrullah.

Sebagai informasi, ada 7 putusan yang disampaikan majelis hakim Bawaslu Kabupaten Malang dalam musyawarah terbuka sengketa antara Malang Jejeg dan KPU Kabupaten Malang.

Salah satunya adalah KPU harus menerima pendaftaran bapaslon pemilihan bupati dan wakil bupati Malang apabila hasil verfak dukungan perbaikan, dianggap memenuhi syarat dukungan dan telah memenuhi persyaratan pencalonan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. [yog/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar