Politik Pemerintahan

KPU Kota Malang Sebut Pemilu 2019 Berjalan Lancar dan Kondusif

Malang(beritajatim.com) – KPU Kota Malang mengungkapkan hasil evaluasi sementara proses pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan kondusif. Tidak ada kasus yang menonjol selama proses pemungutan suara hingga penghitungan suara di TPS di Kota Malang.

Ketua KPU Kota Malang, Zainudin mengatakan sedari awal pihaknya telah menerjunkan dua satgas. Satgas pertama ditugaskan di titik rawan 1 kawasan Lowokwaru. Dimana dikawasan ini banyak mahasiswa yang mengantongi surat A5.

“Sedangkan satgas kedua bertugas di empat Kecamatan yakni, Klojen, Sukun, Kedungkandang, dan Blimbing. Hasil sementara ini evaluasi pelaksanaan pemilu dan pemungutan suara berjalan aman terkendali dan kondusif,” kata Zainudin, Kamis, (18/4/2019).

Zainudin menyebut, peristiwa paling menonjol di Kota Malanga adalah saat puluhan mahasiswa mendatangi kantor kelurahan Sumbersari, Lowokwaru. Mereka memprotes karena tak bisa menyalurkan hak pilih.

Namun, KPU Kota Malang berusaha menjelaskan bahwa secara regulasi bagi warga luar kota yang tak memiliki form A5 dan hanya bermodal E-KTP memang tak bisa difasilitasi untuk coblosan. Menurutnya, KPU telah memfasilitasi warga luar kota untuk mengurus A5 jauh-jauh hari.

l

Pengurusan A5 dimulai pada Januari hingga 17 Februari untuk tahap pertama. Kemudian dibuka lagi dan ditutup pada 17 Maret untuk tahap kedua. Sedangkan untuk tahap ketiga diperpanjang hingga 10 April sesuai putusan MK.

“Akhirnya kita jelaskan sesuai putusan MK. Setelah mereka menyadari akhirnya mereka pulang dan tak ada masalah. Karena memang tidak bisa secara regulasi,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar