Politik Pemerintahan

KPU Kabupaten Mojokerto Tunggu Kiriman Kekurangan Surat Suara

Mojokerto (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto masih kekurangan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) sebanyak 13.876 lembar. Saat ini, KPU masih menunggu kiriman kekurangan surat suara dari rekanan setelah proses pengajuan ke KPU Provinsi Jawa Timur.

Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Ayuhannafiq mengatakan, KPU Kabupaten Mojokerto kekurangan surat suarabsebanyak 13.876 lembar dari lima kategori surat suara. “Kekurangan surat suara tersebut karena kondisi rusak atau kurang baik karena memang jumlahnya kurang,” ungkapnya, Rabu (10/4/2019).

Masih kata Yuhan, KPU Kabupaten Mojokerto nsudah menggelar Rapat Pleno pada Senin (1/4/2019) pekan lalu untuk mengajukan permohonan penambahan pengiriman atas kekurangan surat suara Pemilu 2019 di KPU Kabupaten Mojokerto ke KPU Provinsi Jawa Timur.

“Pemenuhan surat suara yang rusak masih menunggu kiriman dari rekanan, sesuai dengan rakor di Malang kemarin yang juga dihadiri oleh rekanan dijanjikan dalam 2 hari ini akan dikirim. Kita masih optimis, kekurangan surat suara tersebut bisa dipenuhi,” katanya.

Karena, tambah Yuhan, kapasitas cetak yang dimiliki rekanan cukup besar untuk memenuhi kebutuhan surat suara yang kurang di Jawa Timur. Termasuk kekurangan surat suara di KPU Kabupaten Mojokerto. Sambil menunggu kiriman, KPU Kabupaten Mojokerto akan melakukan pergeseran logistik.

“Kami akan melakukan penggeseran logistik yang sudah kita packing dalam kotak suara sesuai TPS. Rencananya besok hari Kamis akan kita mulai pergeseran tersebut ke masing-masing kecamatan di wilayah Kabupaten Mojokerto,” jelasnya.

Sekedar diketahui, KPU Kabupaten Mojokerto kekurangan surat suara sebanyak 13.876 lembar dari lima kategori surat suara. Surat suara presiden dan wakil presiden sebanyak 2.433 lembar. Surat suara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) sebanyak 1.004 lembar.

Surat suara Dewan Pimpinan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur 8 sebanyak 3.231 lembar. Surat suara Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Dapil Jawa Timur 10 sebanyak 4.437 lembar.

Surat suara DPRD Kabupaten Mojokerto untuk Dapil 1 sebanyak 1.566 lembar, Dapil 2 sebanyak 909 lembar, Dapil 4 sebanyak 161 lembar dan Dapil 5 sebanyak 135 lembar.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar