Politik Pemerintahan

KPU Kabupaten Mojokerto Temukan 5.697 Lembar Surat Suara Rusak

Mojokerto (beritajatim.com) – Pasca penyortiran dan pelipatan surat suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto menemukan 5.697 surat suara rusak. Sebanyak 5 697 surat suara yang rusak tersebut merupakan surat suara untuk DPRD Provinsi.

Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Ayuhannafiq mengatakan, KPU Kabupaten Mojokerto baru merampungkan sortir dan pelipatan surat suara untuk pemilihan anggota DPRD Provinsi. “Kita menemukan 5.697 surat suara yang rusak,” ungkapnya, Senin (11/3/2019).

Masih kata Yuhan, jumlah surat suara rusak tersebut masih berpotensi bertambah karena masih ada empat kategori surat suara yang belum di sortir dan dilipat. Surat suara yang rusak tersebut mayoritas bukan karena berlubang atau sobek, namun ada bercak noda tinta cetak.

“Seluruh surat suara yang rusak akan dikumpulkan jadi satu dan dilakukan penandatanganan berita acara sebelum nantinya dimusnahkan. Setelah diketahui jumlah seluruhnya yang rusak akan dimintakan ganti ke percetakannya,” katanya.

Yuhan menambahkan, proses pelipatan dilakukan di dua tempat. Untuk surat suara DPRD provinsi, DPR dan DPD dilakukan di gudang KPU Jalan Raya Tambak Agung, Kecamatan Puri. Sedangkan surat suara DPRD kabupaten dan Pilpres dilakukan di GOR Diknas Jalan RA Basuni, Kecamatan Sooko.[tin/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar