Politik Pemerintahan

KPU Kabupaten Kediri Segera Start Pilbup Kembali

Kediri (beritajatim.com) – KPU Kabupaten Kediri tengah melakukan persiapan untuk segera mencabut penundaan pilkada yang rencananya akan digelar pada 9 Desember mendatang. Dengan pencabutan penundaan pemilihan ini, maka KPU akan mengaktifkan kembali PPK dan PPS yang sempat dinonaktifkan akibat adanya pandemi Covid-19.

Rencana pencabutan penundaan pilkada sesuai dengan peraturan KPU (PKPU) RI yang akan dilaksanakan 15 Juni mendatang. Nantinya dengan dicabutnya penundaan tersebut badan adhoc pendukung yakni PPK dan PPS akan diaktifkan kembali.

Saat ini di KPU Kabupaten Kediri ada tiga tahapan yang sempat tertunda akibat pandemi wabah covid-19. antara lain pemutakiran data pemilih serta penundaan  pelantikan PPK dan PPS.

Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi menjelaskan bahwa pihaknya kini juga masih menunggu instruksi dari KPU RI tentang pelaksanaan pemilihan yang rencananya akan digelar, pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Menjelang penundaan ini, beberapa badan adhoc tengah berkoordinasi terkait pelantikan PPK dan PPS. Pasalnya saat ini dari 344 PPS desa yang akan dilantik, 7 diantaranya telah mengundurkan diri dengan berbagai alasan,” kata Ninik Sunarmi.

Untuk mekanisme pelantikan selanjutnya akan di koordinasikan terlebih dahulu, apakah melalui video conference dengan masing masing PPS di 344 desa yang dikumpulkan di tiap kecamatan, atau dengan sistem pelantikan yang dilakukan bergiliran untuk tidak mengumpulkan keseluruhannya dalam satu ruangan. Mengingat meskipun pelantikan harus tetap menggunakan protokol kesehatan Covid-19. [nm/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar