Politik Pemerintahan

Melalui Silon

KPU Kabupaten Kediri Mudah Lacak Manipulasi Dukungan Jalur Perseorangan

Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi (baju coklat)

Kediri (beritajatim.com) -Tahap penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kediri 2020 bagi bakal calon perseorangan telah dimulai. KPU Kabupaten Kediri mengadakan bimbingan teknis aplikasi pencalonan untuk memberikan pengetahuan tentang aplikasi tersebut, serta mekanisme penginputan dokumen syarat dukungan.

Bimtek aplikasi pencalonan ini dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi. Kegiatan ini diikuti oleh satu bakal calon perseorangan yaitu, Rahmad Mahmudi. Hadir dalam kegiatan ini, Komisioner KPU, Bawaslu, serta kalangan media.

Aplikasi silon atau sistem pencalonan pemilu akan digunakan dalam proses tahapan penyerahan dukungan calon jalur perseorangan serta partai politik. Melalui sistem ini, nantinya juga akan mempermudah KPU dalam proses verifikasi, karena tersistem online. KPU mudah dalam melacak dugaan manipulasi dukungan lewat jalur perseorangan dan sebagainya.

“Bimtek aplikasi pencalonan untuk memberikan pengetahuan tentang aplikasi itu sendiri, serta mekanisme penginputan dokumen syarat dukungan kepada calon perseorangan,” kata Ninik Sunarmi, Sabtu (4/1/2020). Pihaknya meminta kepada bakal calon perseorangan untuk selalu berkoordinasi dengan KPU, agar memperoleh informasi secara berkesinambungan.

KPU telah menetapkan syarat dukungan calon perseorangan sebanyak 79.719 lembar fotokopi KTP elektronik. Sesuai jadwal yang telah disusun, penerimaan berkas untuk calon perseorangan dilakukan 19 hingga 23 Januari mendatang. Selanjutnya, berkas yang masuk akan dilakukan verifikasi.

Sementara itu, Rahmad Mahmudi mengapresiasi kegiatan Bimtek. Pihaknya optimis dapat memenuhi syarat dukungan yang ditetapkan KPU. “Ahamdulillah teman-teman operator saya sudah siap. Semoga nanti akan membuat lancar dalam proses kita mengumpulkan data, mengaktualisasikan dan menginput kemudian nanti sampai mengupload ke silon online tersebut,” terangnya.

Rahmad Mahmudi menjadi satu-satunya bakal calon perseorangan yang sudah meminta akun silon pada KPU. Sementara itu, ada satu orang yang melakukan konsultasi tentan pencalonan dari jalur perseorangan yaitu, Subani, pensiunan guru. [nm/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar