Politik Pemerintahan

KPU Kabupaten Kediri Bakar 5.941 Surat Suara Rusak

Kediri (beritajatim.com) – Satu hari menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri melakukan pemusnahan logistik rusak. Pemusnahan ini disaksikan oleh Kejaksaan Kabupaten Kediri, Kepolisian, Bawaslu dan perwakilan tim pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri.

Kegiatan berlangsung di halaman Kantor KPU Kabupaten Kediri. Total logistik yang dimusnahkan sebanyak 5.941 surat suara rusak, pada Selasa (8/12/2020). Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi menyampaikan, semua surat suara yang rusak ini hasil sortir yang dilakukan pihaknya sebelumnya.

“Ada tulisan yang gak ada, sablonnya di surat suara rusak atau tulisannya tidak jelas bagian depan sehingga itu kategori rusak,” jelasnya.

Untuk surat suara yang rusak menurut Ninik Sunarmi sudah dilakukan penggantiaan. KPU meminta ke PT Tamprina, selaku pihak yang mencetak surat suara ditambah kekurangan 57 surat suara. Sesuai dengan instruksi KPU RI maka surat suara yang rusak harus dimusnahkan.

Ninik mengatakan bahwa dengan kegiatan pemusnahan ini dilakukan sebagai upaya agar tidak dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggungjawab. Sementara itu Ninik Sunarmi menuturkan terkait distribusi surat suara sudah berjalan lancar dan aman.

“Kemarin pada tanggal 6 dan 7 Desember sudah dilakukan distribusi surat suara, namun terdapat sedikit kendala soal cuaca kemarin yang sempat buruk. Tetapi itu semua sudah dihandel dengan baik oleh jajaran kami di bawah,” tutupnya. [nm/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar