Politik Pemerintahan

KPU Jember Tidak Tahu Posisi Wabup Muqiet dalam Tim Faida-Oktavianto

Pasangan Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto saat mendaftar ke kantor KPUD Jember.

Jember (beritajatim.com) – Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember, Jawa Timur, Muhammad Syai’in mengaku tidak tahu posisi Wakil Bupati Abdul Muqiet Arief dalam tim resmi pasangan Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto. Namun KPU Jember mengizinkan Muqiet masuk dalam ruang pendaftaran bersama pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati tersebut.

“Kami memberikan ID card kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati, dan tim pasangan calon. Ini kewenangan dari masing-masing calon bupati dan wakil bupati untuk menunjuk. Dia masuk sebagai apa, kami serahkan kepada pada masing-masing pasangan calon tersebut,” kata Syai’in, usai proses pendaftaran di kantor KPU Jember, Minggu (6/9/2020) sore.

Syai’in mengatakan, hanya pasangan calon dan tim yang boleh berada dalam ruang pendaftaran. “Ini kami serahkan kepada masing-masing pasangan calon. Jadi ketika diajak, maka mereka adalah bagian tim pasangan calon,” katanya.

Sejak hari pertama pendaftaran, Jumat (4/9/2020), sesuai aturan yang disosialisasikan KPU Jember, selain komisioner KPU, Badan Pengawas Pemilu, dan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati, memang hanya ketua dan sekretaris partai, serta anggota tim resmi pemenangan calon perseorangan yang diperbolehkan berada dalam ruangan tersebut. Wartawan tidak boleh masuk, dan hanya diizinkan mengabadikan momentum tertentu dalam proses pendaftaran secara bergiliran.

Faida sendiri menyebut Muqiet hadir dalam kapasitas saudara dan keluarga. “Keputusan memilih Mas Vian sebagai calon wakil bupati adalah keputusan bersama berunding dengan Kiai Muqiet,” kata Faida.

Hal serupa juga ditegaskan Muqiet sendiri. Ia mengaku bukan bagian dari tim pemenangan Faida-Oktavianto. “Saya rakyat biasa,” katanya. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar