Politik Pemerintahan

KPU Gresik Seleksi Anggota KPPS

Gresik (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik terus mempersiapkan tahapan Pilkada Gresik 2020. Sebagai bentuk melengkapi tahapan tersebut, lembaga penyelenggara pemilu itu telah melakukan serangkaian seleksi dalam pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Komisioner KPU Gresik Divisi Sosialisasi dan SDM Makmun mengatakan, saat ini seleksi sudah memasuki babak penelitian administrasi. “Seleksi administrasi sudah diumumkan hari ini. Pengumuman akan disampaikan oleh PPS di setiap desa,” katanya, Selasa (20/10/2020).

Terkait dengan seleksi KPPS lanjut Makmun, masyarakat boleh menyampaikan tanggapan terhadap calon anggota KPPS. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya transparansi dan menjaga netralitas.

Ia menambahkan, antusias masyarakat Gresik cukup tinggi. Terbukti, Gresik menjadi salah satu dari tiga kota di Jawa Timur yang kuota calon anggota KPPS terpenuhi. “Ada sebanyak 16.526 orang mendaftar. Dari jumlah itu, kami hanya membutuhkan 15.869 petugas KPPS. Yang akan ditempatkan tersebar di 2.267 TPS,” imbuhnya.

Saat pelaksanaan Pilkada Gresik 2020, masing-masing TPS nantinya diisi sebanyak 7 orang KPPS. Pasca pengumuman hasil seleksi, KPU Gresik berharap betul tanggapan dari masyarakat. Khususnya yang bersangkutan menjadi petugas partai dan tim sukses.

“Masyarakat bisa menyampaikan kepada kami. Jika terbukti demikian, maka calon KPPS tersebut akan dicoret dari keanggotaan. Hal ini dilakukan untuk menjaga integritas dan profesionalitas penyelenggara. Tanggapan bisa disampaikan kepada PPS di masing-masing kecamatan,” tandas Makmun. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar