Politik Pemerintahan

KPU Gresik Mulai Verifikasi Dokumen Paslon

Gresik (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik, mulai memverifikasi dokumen syarat calon. Verifikasi ini dilakukan untuk meneliti keabsahan dokumen masing-masing bakal pasangan calon (Bapaslon).

Komisioner KPU Gresik Divisi Teknis dan Penyelenggara Pemilu, Elvita Yulianty menuturkan, sesuai tahapan, mulai 6 hingga 12 September pihaknya melakukan verifikasi dokumen calon yang mendaftar sebagai Cabup maupun Cawabup Gresik. Karena untuk verifikasi dokumen syarat pencalonan sudah tuntas pada saat pendaftaran kemarin, sehingga dokumen kedua bapaslon dianggap lengkap dan diterima. “Saat ini masuk pada tahapan verifikasi keabsahan dokumen syarat calon,” tuturnya, Senin (7/09/2020).

Masih menurut Elvita, setelah KPU memverifikasi keabsahan dokumen, pihaknya akan memberitahukan kepada LO (Liaison Officer) masing-masing bapaslon, agar memperbaiki kekurangannya. “Penyerahan dokumen perbaikan syarat calon ke KPU antara tanggal 14 hingga 16 September 2020, dan kami akan memverifikasi kembali hingga tanggal 22 september,” ungkapnya.

Tapi, jika sampai tanggal 22 september syarat tersebut tidak dipenuhi, maka KPU berhak mencoret. Karena itu, kami berharap legal officer (LO) masing-masing Bapaslon selalu berkomunikasi dengan kami, sebelum penetapan calon pada 23 September 2020.

Seperti diberitakan, dua paslon resmi mencalonkan diri dan running mengikuti Pilkada Gresik yang digelar pada 10 Desember 2020 mendatang. Kedua paslon yang bakal bertarung itu. Antara lain pasangan NIAT H.Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) dengan Hj.Aminatun Habibah (Bu Min) serta pasangan (QA) M.Qosim dengan dr Asluchul Alief.

Pasangan NIAT didukung enam partai politik diantaranya Partai Golkar, PDIP, PPP, Nasdem, Demokrat dan PAN dengan 29 suara. Sementara pasangan QA diusung oleh dua partai PKB dan Gerindra dengan 21 suara. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar