Politik Pemerintahan

KPU Gresik Minta Personel PPK Miliki Kepekaan Tinggi

Gresik (beritajatim.com) – Tahapan pemilihan umum sudah dimulai. Sebagai tindak lanjutnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik melantik 90 personel panitia pemilihan kecamatan atau PPK. Setelah dilantik mereka akan bertugas dalam gelaran pemilu dan Pilkada pada 2024 mendatang.

Para anggota PPK yang dilantik membacakan 11 butir pakta integritas. Sebagai bentuk komitmen untuk menyelenggarakan pemilu berdasarkan asas luber jurdil. Bermakna langsung, umum, bebas dan rahasia. Serta jujur dan adil.

“Ini penting bagi anggota PPK wajib menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh, menekankan pada transparansi dan bertanggungjawab,” ujar Ketua KPU Gresik Akhmad Roni, Rabu (3/01/2023).

Roni juga menekankan agar para personel PPK memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Khususnya, dalam menajemen konflik yang kemungkinan besar akan terjadi.

“Anggota PPK tetap berpegang teguh pada aturan perundang-undangan yang berlaku. Regulasi yang harus dipatuhi dan dijalankan bagi penyelenggara maupun peserta,” ungkapnya.

Ia menambahkan, seluruh anggota PPK terpilih telah melalui proses seleksi ketat yang dimulai sejak 20 November 2022 lalu.

“40 persen diantaranya merupakan wajah lama dan sudah berpengalaman saat bertugas pada Pilkada 2020 lalu,” imbuhnya.

Pelantikan PPK ini lanjut dia, dilakukan secara hybrid. Ini karena ada 80 anggota PPK mengikuti pelantikan secara langsung. Sedangkan 10 anggota dari Kecamatan Tambak dan Sangkapura Pulau Bawean mengikuti prosesi pelantikan secara online.

“Mereka yang berhalangan hadir karena terkendala cuaca. Namun, tidak mengurangi khidmat dan komitmen saat melaksanakan tugas nanti,” pungkasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Gresik Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Makmun menyatakan selama proses pendaftaran PPK jumlah partisipasi masyarakat yang cukup tinggi. Pasalnya, ada 628 masyarakat mendaftarkan diri menjadi anggota PPK.

“Tingkat partisipasi masyarakat dalam menyukseskan gelaran pesta demokrasi semakin meningkat,” ujarnya. [dny/but]

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar