Politik Pemerintahan

KPU dan PWI Sumenep ‘Lirik’ Pemilih Pemula di Pondok Pesantren

Sumenep (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat menggelar sosialisasi pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kepada pemilih pemula di Pondok Pesantren Raudlatut Tolibin (Robin), Minggu (22/11/2020).

“Sosialisasi ini bagian dari upaya KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih saat pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep 9 Desember 2020,” kata Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil.

Ia menjelaskan, pada Pilkada serentak tahun 2020, KPU Sumenep menargetkan tingkat kehadiran pemilih sebanyak 77,5 persen dari 822.320 daftar pemilih (DPT). “Angka 77,5 persen itu berarti sekitar 637 ribu. Ini target minimal kami dalam pilkada tahun ini. Semoga bisa mencapai target itu untuk tingkat kehadiran pemilih,” ucapnya.

Rafiqi menjelaskan, Pilkada tahun ini dilaksanakan bersamaan dengan masa pandemi Covid-19. Karena itu, ia berharap agar masyarakat yang hadir ke TPS mematuhi protokol kesehatan. “Selalu ingat pesan ibu 3M yakni mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Itu merupakan upaya paling efektif untuk memutus penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Pilbup Sumenep 2020 diikuti dua pasangan calon, yaitu Achmad Fauzi – Nyai Hj. Dewi Khalifah (nomor urut 1) dan pasangan Fattah Jasin – KH. Ali Fikri (nomor urut 2). Pasangan Achmad Fauzi – Hj. Dewi Khalifah diusung PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Sedangkan pasangan Fattah Jasin – KH. Ali Fikri diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan Golkar sebagai partai pendukung. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar