Politik Pemerintahan

KPU Buka Pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020

Kediri (beritajatim.com) – Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kediri, Anwar Ansori mengungkapkan bahwa KPU Kabupaten Kediri telah secara resmi membuka pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri. Hal ini sesuai amanat Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

“Sesuai peraturan yang ada, KPU diwajibkan mengumumkan pendaftaran pencalonan ini mulai tanggal 28 Agustus hingga 3 September. Pengumuman pendaftaran tersebut telah diumumkan secara resmi melalui laman website dan juga dipasang di papan info KPU Kabupaten Kediri,” ungkap Anwar Ansori, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan.

Anwar menjelaskan bahwa pendaftaran dilaksanakan pada 4-6 September 2020 di Gedung Bagawanta Bhari. Waktu pendaftaran pada tanggal 4-5 September 2020 pukul 08.00 – 16.00 WIB. Sedangkan pada tanggal 6 September 2020 pukul 08.00 – 24.00 WIB.

“Untuk persyaratan pencalonan jalur partai politik, dilakukan dengan ketentuan partai politik/ gabungan partai politik yang mengusung paslon minimal memperoleh 10 kursi di DPRD Kabupaten Kediri atau memiliki suara sah minimal 230.920 suara,” jelasnya.

Dalam tahapan pendaftaran ini menurut Anwar Ansori pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai macam stakeholder untuk membuat mekanisme proses pendaftaran. “Kita sudah berkoordinasi dengan gugus tugas Covid, karena saat ini adalah musim pandemi jadi kita harus jalankan protokoler kesehatan yang ada,” ucap Anwar Ansori.

Anwar Ansori juga berharap saat pendaftaran pencalonan, masa pendukung tidak memadati tempat demi keamanan bersama.
“Sebelum pendaftaran kita akan undang parpol dan stake holder untuk gladi bersih agar bisa menjamin keamanan kita bersama,” pungkasnya. [nm/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar