Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

KPU Bangkalan Desak Dewan Percepat Perda Dana Cadangan Pilkada

Bangkalan (beritajatim.com) – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dilaksanakan pada 2024. Namun hingga kini, Perda untuk dana cadangan pelaksanaan Pilkada belum rampung.

Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Bangkalan, Zainal Arifin menjelaskan, pihaknya belum memiliki payung hukum untuk dana cadangan pilkada tersebut. Sebab, aturan itu masih dalam bentuk Raperda dan hingga kini belum disahkan. “Kami mendorong agar DPRD Bangkalan segera memproses Raperda tersebut,” ujarnya, Minggu (22/8/2021).

Ia menyebut, adanya saving anggaran yang jelas nantinya mempermudah Pemkab Bangkalan dalam melaksanakan Pilkada. Ia mengatakan saat ini rancangan tersebut sudah masuk ke Pemkab dan dalam pembahasan.

“Sudah diusulkan ke Pemkab, jadi masih menunggu tahapan dan pembahasan karena memang cukup lama prosesnya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Bangkalan Muhammad Fahad mengatakan, sesuai aturan dalam Undang-undang Pemilu, pelaksanaan Pilkada dibebankan pada APBD di tiap daerah. “Sudah dalam proses. Ini kan untuk kepentingan bersama tentu kami sebagai legislatif memfasilitasi hal tersebut, namun tahapannya memang panjang untuk sampai bisa menjadi Perda,” tambahnya.

Ia menegaskan, segera melakukan koordinasi dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk menyesuaikan kebutuhan anggaran Pilkada. Sehingga saat ini belum ditetapkan jumlah anggaran cadangan yang dibutuhkan. [sar/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar