Politik Pemerintahan

KPK Awasi Pilkada Serentak, Termasuk di Pilkada di Jatim

Jember (beritajatim.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengawasi ketat pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak di sejumlah wilayah di Indonesia tahun ini.

“Kami bukan mengawasi case by case, tapi mengawasi secara sistem,” kata Wakil Ketua KPK Nurul Gufron, saat menjawab pertanyaan wartawan, sebelum mengikuti acara pengukuhan profesor ilmu hukum di Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (15/1/2020).

KPK mengawasi pengelolaan dan proses pilkada tahun ini agar melahirkan pemimpin yang kredibel dan. “Baik proses pencalonan sampai proses pemilihannya kami akan mengawal,” kata Gufron. KPK tak ingin ada politik uang dalam pilkada.

KPK tak khawatir dengan tuduhan adanya aroma politisasi dalam penegakan hukum jelang pilkada. “Momen politik atau non politik, mau pilkada, pilpres, maupun pileg, bagi KPK tidak ada yang spesial. Kami menganggap apapun peristiwa hukum, ketika di dalamnya ada pelanggaran hukum, maka kami akan bergerak,” kata Gufron.

“Kok menjelang pilkada atau saat pilkada banyak (penegakan hukum oleh KPK), karena memang momen itu seperti panen,” kata Gufron. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar