Politik Pemerintahan

Kotak Suara Pilkades di Jember Berbahan Dasar Akrilik

Eko Heru Sunarso

Jember (beritajatim.com) – Kotak suara yang bakal digunakan dalam pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Jember, Jawa Timur, berbahan dasar akrilik.

“Kami pengadaan sendiri. Yang penting pakai habis. Kami memilih barang yang layak (pakai), tapi murah,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Jember Eko Heru Sunarso. Sementara bilik suara cukup menggunakan kertas.

Menurut Heru, jika kemudian ada sisa anggaran, maka akan dikembalikan ke kas daerah. “Kalau bisa kami efisiensi,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Jember sendiri akan bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum setempat untuk membuat logistik pilkades sesuai standar. “Karena KPU sudah punya pengalaman. Terkait standar itu, sudah ada pembicaraan antara organisasi perangkat daerah pelaksana pengadaan barang di antaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Bagian Umum, dan Bagian Humas. Kerjasamanya bersifat konsultatif,” kata Asisten I Pemkab Jember Moh Jamil.

Sebanyak 161 pemilihan kepala desa di Kabupaten Jember akan digelar serentak sepanjang September 2019. Ada empat kali pemilihan serentak setiap Kamis, yakni pada tanggal 5, 12, 19, dan 26 September. “Masing-masing ada yang 40 pilkades, 38 pilkades, 41 pilkades,” kata Djamil.

Djamil mengingatkan agar pengadaan barang dan jasa menyesuaikan tahapan pilkades. Semua kemungkinan harus diantisipasi, mulai dari ketidaktepatan waktu penyelesaian maupun ketidaktepatan distribusi. “Atau banyak hal lain yang kemungkinan terjadi kesalahan di tengah perjalanan pengadaan barang maupun jasa,” katanya. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar