Politik Pemerintahan

Kota Surabaya Bakal Punya Alun-Alun

Surabaya (beritajatim.com) – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini membeberkan jika tak lama lagi Kota Pahlawan bakal punya alun-alun. Selama ini, Kota Surabaya memang tak memiliki ruang publik yang lazimnya ada di pusat kota itu.

“Nanti itu Balai Pemuda yang basementnya nyambung di bawah Jalan Yos Sudarso sampai ke seberangnya yang kita dijadikan alun-alun. Lahan diseberangnya itu punya kita. Tengah kita perjuangkan,” kata Wali Kota Risma di Kediaman Dinas Wali Kota Surabaya, Rabu (27/2/2019).

Area itu, urai Wali Kota perempuan pertama di Surabaya ini, akan difungsikan sebagai community center. “Bisa jadi tempat kumpul-kumpul untuk berekspresi,” jelasnya.

“Yang mau latihan band, bisa tampil disana, yang mau nari juga bisa latihan tampil juga. Jadi itu nanti terbuka untuk semua. Kita fungsikan seperti alun-alun,” tambah Wali Kota Risma.

Sebagai informasi, pembangunan basement atau ruang bawah tanah di komplek Balai Pemuda Jalan Yos Sudarso Kota Surabaya, Jawa Timur, yang saat ini masuk tahap akhir akan dilanjutkan lagi hingga menembus melewati bawah Jalan Pemuda.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Cipta Karya, dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Kota Surabaya, Iman Krestian mengatakan, pembangunan basement tahap tiga sudah selesai, namun belum bisa dipakai untuk tempat parkir kendaraan bermotor.

“Halaman Balai Pemuda sisi Jalan Yos Sudarso bisa digunakan tapi hanya aktivitas orang. Sebab, masih belum sempurna karena masih ada pekerjaan tahap akhir yang dikerjakan,” katanya.

Tahap akhir yang dimaksud berupa pembuatan lanskap tanaman dan air mancur yang ada di atas basemen. Sedangkan yang ada di dalam basement berupa pemasangan lift dan eskalator. Untuk basement tahap 3 nantinya akan digunakan sebagai area UKM dan kuliner unggulan.[ifw/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar